Radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan
pendingin yang sudah melalui water jacket, radiator terdiri dari upper
water tank, radiator core pada bagian tengahnya dan lower water tank
pada bagian bawah. Pada bagian upper tank terdapat tutup radiator untuk
menambah air, juga ada upper hose sebagai penghubung dengan bagian
mesin, juga dilengkapi selang yang menuju reservoir tank untuk menampung
uap air yang berlebihan untuk ditampung. Lowwer tank dilengkapi outlet
dank ran penguras, sedangkan inti radiator terdapat pipa-pipa air untuk
dapat dilalui air dan terdapat sirip-sirip untuk menyerap panasdari
cairan pendingin sehingga radiator dapat didinginkan kipas atau laju
kendaraan itu sendiri
Inti Radiator
Seperti halnya sudah dijelaskan tadi, inti
radiator adalah tempat aliran air dari upper tank menuju lowwer tank
untuk didinginkan kipas atau laju kendaraan itu sendiri. Ada dua tipe
inti radiator yang perbedaanya adalahtergantung pada model sirip-sirip
pendinginnya. Tipe plate (flat fin type) dan tipe lekukan (currogated
fin type) seperti terlihat pada gambar.
Beberapa
kendaraan modern menggunakan versi terbaru, yaitu tipe lekukan, dari
radiator tipe SR. Tipe ini hanya mempunyai susunan pipa tunggal (single
row) sehingga bentuk keseluruhan lebih tipis dan ringan dari tipe biasa.
0 Response to "RADIATOR"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.