1. Konstruksi
Kepala silinder (cylinder head) ditempatkan diatas silinder blok. Pada
bagian bawah terdapat ruang baker dan katub-katub. Kepala silinder harus
kuat terhadap tekanan selama mesin bekerja, oleh karena itu kepala
silinder biasanya terbuat dari besi tuang atau paduan alumunium yang
memiliki kemampuan pendinginan yang baik, pada kepala silinder juga
terdapat water jacket seperti halnya pada silinder blok yang berfungsi
sebagai tempat sirkulasi air pendingin.
2. Jenis-jenis Ruang Bakar
Ada beberapa jenis/tipe ruang baker yang sangat berpengaruh terhadap performa, dan penempatan komponen pendukungnya.
a. Model Setengah Bulat (Hemispherical Type Combustion Chamber)
Model ini memiliki permukaan yang kecil sehingga memiliki efisiensi
panas tinggi, selain itu model ini juga memiliki desain yang lebih
sempurna akan tetapi desain untuk penempatan katub dan busi-businya agak
rumit.
b. Model Baji (Wedge Type Combustion Chamber)
Model ini juga memiliki Efisiensi panas yang tinggi, tapi desainnya
lebih sederhana sehingga memudahkan untuk penempatan katub dan busi.
c. Model Bak Mandi (Bathtub Type Combustion Chamber)
Model ini konstruksinya sangat sederhana sehingga biaya produksinya lebih rendah pula, akan tetapi model ini hanya bisa dipasang katub dengan diameter yang kecil sehingga saat langkah hisap dan langkah buang akan jadi kurang maksimal.
d. Model Pent Roff
c. Model Bak Mandi (Bathtub Type Combustion Chamber)
Model ini konstruksinya sangat sederhana sehingga biaya produksinya lebih rendah pula, akan tetapi model ini hanya bisa dipasang katub dengan diameter yang kecil sehingga saat langkah hisap dan langkah buang akan jadi kurang maksimal.
d. Model Pent Roff
Tipe ini biasanya dipakai pada mesin yang mempunyai jumlah masing
-masing katub lebih dari satu pada tiap silindernya, sehingga efek
pemasukan dan pembuangan akan sangat baik pada tipe ini, selain itu busi
juga bisa ditempatkan ditengah-tengah sehingga pembakaran akan lebih
sempurna.
0 Response to "KEPALA SILINDER"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.