Kali ini saya akan membagikan materi sesuai dengan judul diatas. Materi
ditulis berdasarkan sumber yang saya dapat dari instruktur saya. Saya
sendiri belum pernah mencobanya. Namun tidak ada salahnya untuk membuat
salinan sambil berusaha memahami, dan jika berkenan, mari kita beajar
bersama. Berikut materinya.
1. Kunci Kontak ON Mesin Belum Berputar
1. Kunci Kontak ON Mesin Belum Berputar
MIC mendeteksi tegangan battery melalui terminal IG dan akan menghidup-kan Tr1. Pada kondisi ini rotor coil menjadi magnet (Tr1 akan ON dan OFF secara bergantian agar arus yang ke rotor minimum 0,17 A)
Selanjutnya, ketika belum ada listrik yang dibangkitkan alternator. Tegangan pada terminal P IC regulator 0 volt dideteksi oleh MIC yang mengirimkan sinyal untuk mengaktifkan Tr3. Sehingga lampu CHG menyala.
2. Mesin Hidup Tegangan Di Bawah Standar
Mesin hidup dan alternator membangkitkan listrik. Tr1 akan diaktifkan oleh MIC dari kondisi ON – OFF menjadi ON terus-menerus. Ia juga akan mematikan Tr3 dan menyalakan Tr2 sehingga lampu CHG mati.
3. Mesin Hidup Tegangan Mencapai Tegangan Standar
Tr1 tetap pada posisi ON tegangan pada terminal B meningkat sesuai dengan naiknya putaran mesin. Saat tegangan mencapai 14,5 0,1 volt rangkaian MIC akan mendeteksinya dan mematikan Tr1 sehingga arus pada rotor coil terputus. Akibatnya tegangan pada terminal B akan drop, dan MIC akan menghidup-kan Tr1 lagi dan arus pada rotor coil meningkat dan tegangan di terminal B akan naik. Dengan proses ini maka tegangan di B dapat dipertahankan pada nilai konstan.
4. Kumparan Rotor Coil Putus
Bila karena sesuatu hal hubungan ke kumparan rotor putus ketika alternator berputar, tegangan pada terminal P IC regulator adalah 0 volt. Rangkaian MIC akan mendeteksi serta mematikan Tr2 dan menyalakan Tr3 sehingga lampu CHG akan menyala.
5. Hubungan Ke Terminal S Putus
Bila terminal S terlepas / terputus saat alternator sedang berputar, rangkai-an MIC akan mendeteksi tidak ada input pada terminal S dan mematikan Tr2 dan menyalakan Tr3 sehingga lampu CHG akan menyala untuk mempe-ringatkan adanya ketidak-normalan.
6. Hubungan Ke terminal B Putus
Bila terminal B terlepas / terputus saat alternator sedang berputar, tegangan pada battery akan turun perlahan-lahan (tegangan pada terminal S) karena pengisian battery terhenti. Pada saat tegangan pada terminal S melebihi 13 volt rangkaian MIC akan mendeteksinya dan menyalakan Tr3 serta mematikan Tr2 sehingga lampu CHG akan menyala.
saya mau tanya ni.. perbedaan IC regulator pada sepeda motor sama mobil itu apa ya? minta penjelasannya dong.
ReplyDelete