Camber adalah
sudut dari roda, diukur dalam derajat, saat dilihat dari depan mobil.
Roda depan dari mobil, dipasang dengan bagian atasnya dimiringkan keluar
atau kedalam. Ini disebut camber dan diukur dalam derajat kemiringan
dari arah vertikal. Saat bagian atas roda dimiringkan keluar, dia
disebut positive camber. Sebaliknya, kemiringan kedalam disebut negative camber.
Pada beberapa mobil, camber berubah dengan kecepatan roda yang berbeda. Ini dikarenakan gaya aerodynamic menyebabkan perubahan pada ketinggian kendaraan dari pada saat mobil berhenti. Oleh karena itu, Ketinggian kendaraan harus diperiksa dan diperbaiki sebelum mengeset camber. Dalam beberapa tahun ini trendnya adalah penyetelan camber pada nol atau sedikit positive untuk mengimbangi beban mobil, sayangnya trend saat ini adalah setting yang sedikit negative untuk meningkatkan stabilitas mobil dan keluar dari mobil, ini mengindikasikan sesuatu yang usang, meningkatkan handling.
Pada beberapa mobil, camber berubah dengan kecepatan roda yang berbeda. Ini dikarenakan gaya aerodynamic menyebabkan perubahan pada ketinggian kendaraan dari pada saat mobil berhenti. Oleh karena itu, Ketinggian kendaraan harus diperiksa dan diperbaiki sebelum mengeset camber. Dalam beberapa tahun ini trendnya adalah penyetelan camber pada nol atau sedikit positive untuk mengimbangi beban mobil, sayangnya trend saat ini adalah setting yang sedikit negative untuk meningkatkan stabilitas mobil dan keluar dari mobil, ini mengindikasikan sesuatu yang usang, meningkatkan handling.
Jika camber
tidak diatur, maka akan mempengaruhi keausan pada satu sisi roda. Jika
camber terlalu negative, sebagai contoh, maka roda akan dipakai pada
bagian sisi dalam dari permukaannya. Pada beberapa mobil FWD (front
wheel drive) camber tidak diukur. Jika camber keluar dari mobil, ini
mengindikasikan sesuatu yang usang, mungkin dikarenakan kecelakaan dan
harus diperbaiki dan diganti
Positive Camber
Positive camber
menghasilkan beban yang dinamik yang akan membuat roda berjalan dengan
relative datar pada permukaan jalan. Positive camber juga mengarahkan
berat dan beban guncangan dari mobil pada bearing roda bagian dalam yang
besar dan pada splinder bagian dalam dibandingkan dengan bagian luar
bearing. Positive camber yang sedang sedang saja, akan membuat umur
bearing lebih panjang, memperkecil kesalahan beban yang mendadak, dan
keuntungan lainnya, kemudi yang lebih mudah.
Positive camber
yang berlebihan yang digunakan pada roda bagian luar dapat menyebabkan
keasuan suspensi seperti bearing roda dan splinder. Pemberian positive
camber pada roda menyebabkan beban pada bagian dalam spindle, mengurangi
gaya gerak pada spindle dan steering knuckle.
Gaya reaksi,
yang sama besar dengan beban mobil, diberikan pada roda tegak lurus
terhadap jalan. Ini dibagi dalam gaya tegak lurus ke sumbu spindle dan
gaya parallel ke sumbu spindle yang mendorong roda kedalam, membantu
untuk mencegah roda dari slip pada spindle. Bearing dalam roda dibuat
lebih besar dari bagian luar untuk menahan beban ini.
Negative Camber
Variasi pada negative camber dapat digunakan untuk meningkatkan
handPenyetelan 1/2° negative pada kedua sisi akan meningkatkan
penyudutan tanpa mempengaruhi umur roda yang berarti. Negative setting
ini mengganti kerugian pada positive camber, merubah roda bagian luar
karena putaran mobil dengan cara demikian bagian permukaan roda yang
bergesekan lebih datar selama menyudut / miring. negative camber yang
berlebihan menggunakan bagian dalam roda dan hampir sama dengan positif
camber dapat menyebabkan keausan dan stress pada suku cadang suspensi
Rear Camber
Rear camber
tidak bias diadjust pada sebagian besar mobil RWD (rear wheel drive).
Mobil mobil ini dirakit dengan setting camber nol dan cukup kuat untuk
tidak lentur atau melengkung dalam kondisi beban normal. Hampir semua
mobil front wheel drive, mempunyai spesifikasi pabrik untuk sejumlah
kecil rear camber, biasanya sejumlah kecil dari negative camber untuk
stabilitas di kemiringan. Jika spesifikasi pabrik mengijinkan sebuah
setting 0° sampai -0.5°(30’) diperlukan untuk penggunaan roda dan
stabilitas kemudi. Jika rear setting berubah, suku cadang suspensi harus
diganti, Meskipun demikian, hampir semua mobil dapat diatur dengan
menggunakan tipe lain untuk pengaturan seperti shims, cam bolt atau
bushing.
Road Crown dan Camber Crowned road berarti
di bagian luar atau sebelah kanan tangan kita lebih rendah dari pada
sebelah kiri. Ini bermanfaat untuk pembuangan air di jalan tapi
merugikan karena akan mempengaruhi handling mobil. Road Crown harus
dikompensasikan dengan setting alignment sebab mengendarai mobil pada
crowned road akan miring ke samping, menyebabkan beberapa beban
berpindah ke sebelah kanan, dan camber berubah sedikit lebih positive.
Kombinasi ini menciptakan sebuah tarikan atau penyimpangan ke kanan.
Sebagian besar teknisi alignment menyetel mobil dengan sedikit lebih
positive untuk camber, biasanya 1/4°(15’), pada bagian kiri untuk
kompensasi road crown. Camber yang lebih positive ini tidak akan
menyebabkan tarikan yang nyata saat dikendarai pada jalan yang rata.
Sayangnya, jika camber tidak sama sisi ke sisi dengan perbedaan lebih
besar dari 1/2°(30’), mobil akan tertarik ke sebelah sisi yang cambernya
lebih positive Secara spesifikasi 0° to ±0.5°(30’) biasanya terbaik
untuk handling mobil.
0 Response to "Pengertian Camber (sudut roda) Mobil"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.