Rem cakram terdiri atas sebuah
cakram dari baja yang dijepit oleh lapisan rem dari kedua sisinya pada
waktu pengereman (gambar 2.7). Rem ini mempunyai sifat-sifat yang baik
seperti mudah dikendalikan, pengereman yang stabil, radiasi panas yang
baik, sehingga sangat banyak dipakai untuk roda depan. Adapun
kelemahannya adalah umur lapisan yang pendek, serta ukuran selinder rem
yang besar pada roda.
Jika lambang-lambang seperti diperlihatkan pada gambar 2.8 dipakai, maka momen rem T1 (kg.mm) dari suatu sisi cakram adalah:
Perhitungan ini dilakukan untuk membuat keausan lapisan yang seragam baik didekat poros maupun diluar, dengan jalan mengusahakan tekanan kontak yang merata.
Untuk menentukan besar torsi dan gaya normal rem cakram, dapat dipergunakan persamaan-persamaan berikut ini :
Jika lambang-lambang seperti diperlihatkan pada gambar 2.8 dipakai, maka momen rem T1 (kg.mm) dari suatu sisi cakram adalah:
Perhitungan ini dilakukan untuk membuat keausan lapisan yang seragam baik didekat poros maupun diluar, dengan jalan mengusahakan tekanan kontak yang merata.
Untuk menentukan besar torsi dan gaya normal rem cakram, dapat dipergunakan persamaan-persamaan berikut ini :
0 Response to "PERHITUNGAN REM CAKRAM "
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.