a. Rem Tromol
Rem
tromol terdiri dari 2 (dua) buah sepatu rem yang dilengkapi dengan pelapis rem,
yaitu kanvas rem. Sepatu rem bagian bawah ditahan oleh suatu nok yang disebut
kunci rem. Kunci rem dilengkapi dengan poros dan tuas yang dihubungkan dengan
pedal rem, oleh kabel-kabel yang terbuat dari baja.
Cara
kerja rem tromol adalah dengan menekan pedal rem, maka fluida akan mengalir dan
menekan silinder roda melalui saluransaluran minyek rem. Fluida dari silinder
roda akan menekan sepatu rem, sehingga sepatu rem akan bergesekan dengan tromol
dan terjadilah pengereman yang diinginkan. Pada Toyota Kijang Tipe KF 50, rem tromol ini digunakan
pada roda bagian belakang.
b. Rem Piringan
Rem piringan atau
disebut juga dengan rem cakram yang bekerjanya berdasarkan hukum Pascal, yang
berbunyi : “Tekanan yang diberikan kepada zat cair dalam bejana yang tertutup,
akan diteruskan ke segala penjuru dengan tekanan yang sama besarnya”. Kelebihan
dari rem cakram jika dibandingkan dengan rem mekanik yaitu rem cakram
mengadakan gaya pengereman yang lebih kuat daripada rem mekanik, dan tanpa
menggunakan tenaga injakan yang lebih besar.
Komponen rem piringan
(New
Step 1, 1994 : 5-53)
Cara
kerja rem piringan yaitu dengan menekan pedal rem, maka fluida akan menekan
silinder roda kemudian silinder roda akan menekan pad rem, kemudian pad rem
akan menjepit piringan dan terjadilah pengereman. Pada Toyota Kijang Tipe KF 50, jenis rem piringan ini dipakai
untuk roda bagian depan.
c. Rem Parkir
Rem parkir terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu center
brake dan rem roda belakang. Pada Toyota Kijang Tipe KF 50,
jenis rem parkir yang digunakan adalah jenis rem parkir roda belakang, yaitu
apabila rem parkir dioperasikan maka yang akan terkunci adalah roda belakang.
Cara
kerja rem parkir atau sering juga disebut dengan hand rem adalah dengan
menarik tuas rem parkir maka daya pengereman dipindahkan ke tuas sepatu
rem melalui kabel rem, sehingga tuas sepatu rem akan mengembangkan sepatu rem
dan terjadilah pengereman yang diinginkan.
0 Response to "Mekanisme sistem rem"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.