Radiator didinginkan
oleh udara luar, akan tetapi ini belum cukup mendinginkan saat mesin
berhenti atau mobil belum jalan, untuk itu agar udara dapat mengalir
untuk mendinginkan radiator maka dipasang kipas pendingin dibelakang
radiator.
Ada
dua tipe system penggerak dari kipas pendingin, ada yang digerakkan
secara mekanikal (melalui tali kipas) ada juga yang menggunakan system
elektrik.
a. Kipas yang digerakkan ole tali kipas
Kipas
jenis ini digerakkan terus menerus selama mesin hidup oleh tali kipas,
kecepatan kipas bergerak seiring kecepatan mesin, utnuk mengatasi hal
ini biasanya antara kipas dan pompa air ditambahkan kopling fuida.
b. Kipas yang digerakkan oleh motor atau elektrik
Kipas
model ini bekerjanya berdasarkan motor listrik yang mendapat sinyal
dari sensor temperature, jadi ketika mesin masih dingin sensor belum
mengalirkan listrik ke motor sehingga kipas belum berputar, dan ketika
mesin sudah panas sensor akan mengirimkan sinyal ke ECU kemudian
mengalirkan tegangan ke motor melalui relay dan motorpun berputar.
System ini akan mempercepat pencapaian suhu kerja dan mengurang beban
mesin karena tidak digerakkan langsung oleh mesin, ujung-ujungnya
penggunaan bensin lebih optimal
0 Response to "KIPAS PENDINGIN"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.