Gelar Sarjana Tak Cukup untuk Jadi PR Handal

 Ilustrasi : blog.mymediainfo.com
Profesi Humas atau Public Relation (PR) merupakan bidang pekerjaan yang dikenal kompetitif untuk dimasuki serta membutuhkan antusiasme dan keuletan dari seseorang. Sebab, “passion” saja tidak cukup untuk mengesankan atasan.  

Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan jika Anda mampu berkontribusi memberikan ide-ide kreatif, mampu membangun hubungan yang kuat dengan klien, dan menghasilkan bahan-bahan tulisan yang baik. Lantas, apa yang dicari sebuah agensi PR ketika akan merekrut karyawan baru? Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan para pelamar bidang PR, seperti dikutip dari The Guardian.

Cari tahu
Saat akan melamar di sebuah agensi PR, pastikan Anda telah melakukan penelitian terhadap agensi tesebut, yakni dengan menggunakan sosial media seperti Twitter. Dengan melakukan penelitian terhadap agensi tersebut kita dapat mengetahui "kepribadian" sebuah instansi. Kemudian, susun CV dan surat lamaran sesuai kepribadian agensi tersebut.

Jaga CV tetap simpel dan relevan
Portofolio dapat menunjukkan tulisan Anda keterampilan dan keberhasilan dalam mendapatkan jaringan. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan komitmen dan bukti jika Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang PR.

Buka jaringan
Seorang PR harus mampu membangun jaringan dengan media maupun klien. Maka, mulailah lewat sebuah blog dan membangun jaringan di Twitter. Ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda di mata agensi.

Perbanyak pengalaman kerja
Banyak lembaga menawarkan magang di bidang PR. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mencicipi dari dekat bidang pekerjaan yang akan Anda tekuni di masa depan. Untuk memperkaya pengalaman, Anda bisa berinisiatif untuk meliput sebuah kegiatan/peristiwa kampus kemudian menuliskan siaran pers yang dikirimkan ke media lokal. Selain itu, perkaya diri Anda dengan keterampilan teknis lain yang sesuai dengan bidang PR, seperti Photoshop atau mengedit klip video.

Menekankan latar belakang akademis yang kuat
Sebuah gelar bidang PR tidak esensial, tetapi akan memberi Anda kepercayaan diri dalam mengaplikasikan teori, serta membuat Anda sebagai kontak yang berguna.


1 Response to "Gelar Sarjana Tak Cukup untuk Jadi PR Handal"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.