Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang

Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) memberikan penawaran untuk para guru dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Program tersebut dinamakan Program Penataran Guru (Teacher Training Program).

Para guru yang mengikuti program ini akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini merupakan program non gelar dan lamanya pelatihan selama satu tahun enam bulan (termasuk enam bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2013, dan tentunya tidak akan ada ikatan dinas dengan pemerintah Jepang.

Guru-guru yang dapat mendaftar untuk program ini adalah mereka yang memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah Jepang, antara lain:
1. Lulusan S-1 atau D-4 dan guru yang mengajar secara aktif di SD, SMP, SMA/SMK.
2. Telah mengajar lebih dari lima tahun di lembaga pendidikan formal. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan.
3. Usia di bawah 35 tahun.
4. Sehat jasmani dan rohani. Bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil.
5. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang.
6. Melengkapi dokumen-dokumen, seperti formulir (dapat diunduh di laman kedutaan besar Jepang) berikut pas foto, fotokopi ijazah dan transkrip nilai, surat keterangan dari tempat mengajar, serta surat rekomendasi dari Kepala Sekolah. Perlu diingat, semua dokumen tersebut ditulis dalam Bahasa Inggris atau Jepang.

Bagi mereka yang diterima untuk mengikuti program pelatihan ini, akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:
- Tiket PP Jakarta-Jepang.
- Bebas biaya ujian masuk, pendaftaran, dan kuliah.
- Tunjangan bulanan sebesar 150 ribu yen (sekira Rp16,5 juta).
- Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.

Formulir pendaftaran berikut dokumen-dokumen pelengkap dapat dikirm melalui pos ke alamat di bawah ini, dengan menulisakan "Teacher Training 2013" pada amplop.

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia penyelenggara melalui telp : (021) 31924308 ext 175 atau 176, dan bisa juga melalui email : beasiswa@dj.mofa.go.jp.  Pendaftaran ditutup 25 Januari 2013.


0 Response to "Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.