Perawatan Sistem Bahan Bakar Diesel

Langkah kerja
Bagian-bagian sistem pengaliran bahan bakar akan dirawat berurutan sesuai dengan arah aliran solar;
1. Tangki
2. Pemisah air ( sedimenter )
3. Pompa bahan bakar
4. Saringan halus
5. Pompa injeksi
1. Tangki bahan bakar
Buka baut tap dan buang air/kotoran pada tangki.Tutup dan keraskan baut tap dari semua tangki sudah dikeluarkan. Tangki yang kotor sekali harus dilepas pada kendaraan untuk pembersihannya.
2. Pemisah air ( sedimenter )
Buang air dengan membuka kran . Untuk melancarkan pembuangan, gerakkan pompa tangan ­. Jika tidak ada pompa tangan, kedorkan salah satu sambungan slang pada pemisah air, supaya terjadi ventilasi udara.
Apabila pemisah air kotor sekali, bongkarlah untuk dibersihkan
3. Pompa bahan bakar
Bila pada sambungan isap pompa bahan bakar terdapat saringan kasar lepas dan bersihkan dalam solar
Pada waktu pemasangan, perhatikan dudukan paking perapat dan O ring
4. Saringan solar halus
Saringan solar halus ada 2 macam, satu dalam bentuk cartridge ( saringan dan rumahnya berada dalam satu unit ) dan yang lain dalam bentuk elemen saringan.
Gantilah cartridge. Jangan mengeraskan dengan tenaga besar !
Sewaktu elemen saringan diganti, bersihkan rumahnya. Perhatikan dudukan pegas dan paking – paking selama pemasangan !
5. Pompa injeksi
  1. Bila pompa injeksi tidak dilumasi melalui sirkuit pelumasan motor, kontrol permukaan oli pada pompa injeksi.
  2. Jika pompa injeksi dilengkapi dengan governor pneumatik (vakum), beri beberapa tetesan oli ke dalam governor.
  3. Kontrol kondisi slang-slang vakum governor pneumatik. Apabila keras, retak atau longgar pada sambungannya, ganti dengan yang baru.
6. Pembuangan udara
Setelah semua komponen sistem pengaliran bahan bakar dipasang kembali, udara didalam sistem tersebut perlu dibuang, supaya motor dapat dihidupkan.
  1. Kendorkan baut-baut pembuang udara yang terletak pada rumah/sambungan saringan halus dan juga pada ujung belakang pompa injeksi, bila pompa tidak dilengkapi dengan saluran pengembali.
  2. Gerakkkan pompa tangan sampai solar bersih keluar, kemudian keraskan baut pembuang udara.
  3. Bila pompa injeksi dilengkapi dengan saluran pengembali, gerakkan tangan lagi sampai katup pelepas pada pompa injeksi bersuara gemertak.
7. Kontrol akhir
  1. Hidupkan motor. Tidak menjadi masalah apabila motor pada saat pertama tidak hidup pada keseluruhan silindernya.
  2. Keringkan saluran dan sambungan sistem pengaliran solar dengan pistol udara, kemudian periksa kebocoran. Perhatikan khusus pada sambungan-sambungan yang telah dilepas !
     
     

0 Response to "Perawatan Sistem Bahan Bakar Diesel"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.