Feed Pump berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari tangki dan menekan
ke pompa melalui fuel filter. Feed pump adalah single acting pump yang
dipasang pada bagian sisi pompa injeksi dan digerakkan oleh camshaft
pompa injeksi. Manual pump juga dipasang disini untuk mengeluarkan udara
dari saluran bahan bakar bila diperlukan sebelum mesin dihidupkan.
Ruang bahan bakar pada pompa injeksi harus terus menerus terisi bahan
bakar dalam jumlah yang cukup, tetapi fuel pump sendiri tidak dapat
memberikan bahan yang cukup banyak pada saat mesin kecepatan tinggi.
Oleh karena itu, bahan bahan bakar diesel harus dialirkan ke pompa
injeksi pada tekanan tertentu dan untuk tujuan itu tekanan pengaliran
harus dipertahankan pada 1,8 – 2,2 kg/cm (25-31 Psi).
Cara Kerja
Feed pump digerakkan oleh camshaft pompa injeksi yang menyebabkan piston
bergerak bolak balik sehingga dapat menghisap dan mengeluarkan bahan
bakar dengan tekanan. Pada saat camshaft tidak mendorong tappet rooler,
piston mendorong push rod kebawah karena adanya tegangan pston spring.
Pada saat itu volume pada presuure chamber membesar dan membuka inlet
valve untuk menghisap bahan bakar.
Camshaft terus berputar dan kadang-kadang mendorong psiton melalui taped
roller dan push rod. Naiknya psiton menekan bahan bakar didalam
pressure chamber, menutup inlet valve dan bahan bakar dikeluarkan dengan
tekanan.
Sebagaian bahan bakar yang dikeluarkan memasuki pressure chamber yang
terletak di belakang piston. Bila tekanan bahan bakar dibelakang piston
naik mencapai 25-31 psi maka tekanan pegas tidak cukup kuat untuk
menurunkan psiton akibatnya psiton tidak dapat bergerrak lagi pompa
berhenti.
0 Response to "Feed Pump"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.