Timming Gear dan Timming Belt Pada Mesin Diesel

Bestmechanic.blogspot.com - Timming gear set atau belt yang ada pada bagian depan cylinder block menggerakkan pompa injeksi dan camsafht. Timming gear lebih banyak digunakan pada mesin diesel tetapi kadang-kadang menggunakan juga timming belt.
Timming gear
Pada sebagian mesin diesel, crankshaft timming gear memutar camsahft timming gear secara langsung. Cranksafht timming gear memindahkan tenaganya ke drive gear pompa injeksi melalui iddle gear. Timming gear mempunyai timming mark (tanda) ini dimaksudkan agar pemasangan dapat tepat dengan mengikuti tanda yang ada. Timming gear dibuat dari baja karbon atau baja khusus lainnya dengan pengerasan pada permukaannya setelah machining. Roda-roda giginya dibuat dengan bentuk helical gear teeth dan bersinggungan secara halus sehingga suaranya rendah.
Timming Belt
Timming belt terbuat dari karet tahan panas dengan inti yang kuat dan tidak elastis. Gigi-giginya dilapisi dengan kanvas tahan gesekan.
Kekerasan timming belt disetel dengan timming belt iddler dan kekerasan awalnya ditentukan oleh kekuatan tension spring. Timming belt telah dibuktikan dapat bertahan sampai jarak tempuh 100.000 km atau lebih. Sebagian kendaraan telah dilengkapi dengan indikator yang akan menyala setelah jarak tersebut untuk memperingatkan pengemudi bahwa sudah saatnya penggantian timming belt.

1 Response to "Timming Gear dan Timming Belt Pada Mesin Diesel"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.