Bestmechanic.blogspot.com-Katup hanya terdapat pada motor
empat langkah, sedangkan motor dua langkah umumnya tidak memakai katup.
Katup pada motor empat langkah terpasang pada kepala silinder. Tugas
katup untuk membuka dan menutup ruang bakar. Setiap silinder dilengkapi
dengan dua jenis katup (isap dan buang) Pembukaan dan penutupan kedua
katup ini diatur dengan sebuah poros yang disebut poros cam (camshaft).
Sehingga silinder motor empat langkah memerlukan dua cam, yaitu cam
katup masuk dan cam katup buang. Poros cam diputar oleh poros engkol
melalui transmisi roda gigi atau rantai. Poros cam berputar dengan
kecepatan setengah putaran poros engkol. Jadi, diameter roda gigi pada
poros cam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol. Sebab
itu lintasan pena engkol setengah kali lintasan poros cam.
Katup dibuat dari bahan yang keras dan mudah menghantarkan panas. Katup
menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan
turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi. Selain itu hendaknya
katup tahan terhadap panas dan gesekan.
Fungsi katup sebenarnya untuk memutuskan dan menghubungkan ruang
silinder di atas piston dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan.
Karena proses pembakaran gas dalam silinder mesin harus berlangsung
dalam ruang bakar yang tertutup rapat. Jika sampai terjadi kebocoran gas
meski sedikit, maka proses pembakaran akan terganggu. Oleh karenanya
katup-katup harus tertutup rapat pada saat pembakaran gas berlangsung.
Untuk membedakan katup masuk dengan katup buang dapat dilihat pada
diameter keduanya, diameter katup masuk umumnya lebih besar dari pada
katup buang.
Sebagaimana terlihat pada gambar bagian lain dari katup adalah kepala
katup. Kepala katup mempunyai peranan yang sangat penting, karena ia
harus tetap bekerja baik, walaupun temperaturnya berubahubah. Bidang
atas kepala katup ini disebut tameng. Bentuknya ada yang cekung dan ada
yang cembung. Tameng cekung disebut tameng terompet dan biasanya dipakai
sebagai katup masuk. Sedangkan tameng cembung dipakai sebagai katup
buang karena kekuatannya yang lebih tinggi.
Pada katup juga terpasang pegas-pegas. Pegas-pegas katup ditugaskan untuk menutup katup sesuai dengan gerak tuas ungkit menjauhi ujung batang katup.
0 Response to "Katup Sepeda Motor dan Fungsinya"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.