Berbagai jenis katup dapat pula dibedakan dari cara penempatannya pada
kepala silinder. Inovasi mesin sepeda motor dilakukan untuk
mengantisipasi kecepatan tinggi, penambahan tenaga output dan upaya
konstruksi seringan mungkin. Ada tiga macam inovasi katup dari segi
penempatannya, yaitu Katup Samping (Side-Valve), Overhead-Valve (OHV)
dan Single Overhead Camshaft (SOHC). Inovasi terakhir ini disebut Double
Overhead Camshft (DOHC).
SV (side valve) Pada SV atau klep samping, cam dipasang
pada poros engkol dan mendorong keatas dan menggerakkan valve. Valve
terpasang disamping piston sehingga ruang pembakaran lebih besar. Hal
ini memungkinkan untuk hasilkan perbandingan kompresi lebih besar dan
mengurangi tenaga mesin. Tipe ini cocok untuk mesin dengan putaran
rendah, biasanya dipakai di mesin industri.
OHV (overhead valve assembly)
Pada tipe ini posisi klep berada diantara piston dan digerakkan oleh rocker arm. Tipe ini ruang kompresinya lebih kecil, sehingga dapat menghasilkan perbandingan kompresi yang tinggi dan tenaga mesin menjadi lebih besar. Karena dilengkapi dengan batang penekan yang panjang serta adanya rocker arm menyebabkan gerakan balik lebih besar dan juga jarak klep dan cam yang jauh menyebabkan kurang stabilnya ia pada putaran tinggi
Pada tipe ini posisi klep berada diantara piston dan digerakkan oleh rocker arm. Tipe ini ruang kompresinya lebih kecil, sehingga dapat menghasilkan perbandingan kompresi yang tinggi dan tenaga mesin menjadi lebih besar. Karena dilengkapi dengan batang penekan yang panjang serta adanya rocker arm menyebabkan gerakan balik lebih besar dan juga jarak klep dan cam yang jauh menyebabkan kurang stabilnya ia pada putaran tinggi
SOHC ( single over head camshaft) Pada tipe ini batang
penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Posisi cam
barada diatas silinder yaitu ditengahnya, cam digerakkan oleh rantai
penggerak yang langsung memutar cam sehingga cam menekan rocker arm.
Poros cam berfungsi untuk menggerakkan katup masuk (IN) dan katup buang
(EX), agar membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi dalam
ruang bakar mesin. Tipe ini komponennya sedikit sehingga pada putaran
tinggi tetap stabil. Disebut single over head camshaft karena hanya
menggunakan satu cam pada desainnya. Atau SOHC adalah system poros
tunggal di kepala silinder.
DOHC ( double over head chamshaft)
DOHC adalah sistem poros ganda di kepala silinder. Fungsi DOHC sama dengan SOHC, bedanya terletak pada banyaknya poros cam tersebut. Pada DOHC jumlah poros camnya dua, sedangkan pada SOHC hanya satu. Pada tipe ini ada yang memakai rocker arm ada juga yang tidak ada. Klep masuk dan klep buang dioperasikan tersendiri oleh dua buah cam. Tipe DOHC yang memakai rocker arm alasannya untuk mempermudah penyetelan kelonggaran klep dan merubah langkah buka klep. Tipe ini perawatannya rumit biaya pembuatannya tinggi dan mesin lebih berat. Biasanya dipakai pada mesin-mesin sport kecepatan tinggi.
DOHC adalah sistem poros ganda di kepala silinder. Fungsi DOHC sama dengan SOHC, bedanya terletak pada banyaknya poros cam tersebut. Pada DOHC jumlah poros camnya dua, sedangkan pada SOHC hanya satu. Pada tipe ini ada yang memakai rocker arm ada juga yang tidak ada. Klep masuk dan klep buang dioperasikan tersendiri oleh dua buah cam. Tipe DOHC yang memakai rocker arm alasannya untuk mempermudah penyetelan kelonggaran klep dan merubah langkah buka klep. Tipe ini perawatannya rumit biaya pembuatannya tinggi dan mesin lebih berat. Biasanya dipakai pada mesin-mesin sport kecepatan tinggi.
0 Response to "Penempatan Katup Sepeda Motor"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.