Didalam bahan bakar diesel terdapat lilin yang tidak larut pada bahan
bakar, dimana akan membeku pada saat udara mendekati nol derajat hal
ini akan menyumbat filter bahan bakar. Untuk mengatasi hal seperti ini
ditambahkan pemanas bahan bakar. Bagian utama pemanas bahan bakar
terdiri dari elemen pemanas dan vacuum switch.
1. Vacuum Switch
Vacuum switch dipasangkan pada bagian atas fuel filtrt untuk menghindari
perbedaan tekanan bahan bakar dibagian inlet dan outlet pada fuel
filter. Bila perbedaan tekanannya lebih besar dari ketentuan, magnet
akan bergerak ke arah bagian outlet dan menghubungkan reed switch. Ini
mengakibatkan arus listrik mengalir melalui elemen pemanas bahan bakar.
2. Elemen pemanas bahan bakar
Elemen pemanas dipasangkan didalam fuel filter housing, memenaskan
housing yang selajutnya bahan bakar mengalir melalui housing. Elemen ini
dibuat dari bahan keramik yang tahanannya dapat naik tajam apabila
temperaturnya naik. Oleh karena itu, elemen itu sendiri dapat digunakan
sebagai kontrol temperatur yang dapat menghentikan arus listrik bila
temperaturnya telah mencapai batas tertentu. Cara ini kerjanya lebih
aman dari pada dengan elemen pemanas konvensional.
Cara Kerja
Pada saat temperatur rendah, lilin yang terkandung dalam bahan bakar
akan memadat sebagian dan menyumbat filter. Hal ini akan menyebabkan
terjadinya perbedaan tekanan inlet dan outlet. Bila perbedaan ini
mencapai 150mHg, vacuum switch akan on dan mengalir arus listrik melalui
elemen pemanas bahan bakar. Ini akan mencairkan lilin agar tidak
menyumbat filter. Bila perbedaan tekanan turun dibawah 120mHg, maka
vacuum switch off menghentikan aliran listrik ke elemen pemanas bahan
bakar.
0 Response to "Pemanas bahan bakar diesel"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.