Sistem pendinginan
sangat penting artinya bagi keawetan suatu mesin, pada waktu berjalan
mesin akan menjadi panas, karena proses pembakaran di dalam silinder,
mesin yang terlalu panas, selain cepat rusak juga out put tenaganya
kurang maksimal maka diperlukan pendinginan, umumnya sistem pendinginan
dibagi menjadi dua macam, yaitu :
a. Sist
. 1.Sistem Pendinginan Air
Air
memasuki blok silinder dari bagian bawah silinder, mengalir melalui
saluran-saluran blok silinder terus ke atas menuju silinder head. Air
menyerap panas dari mesin sehingga suhu air nai air yang panas ini
cenderung mengalir karena perbedaan berat jenis. Air semakin menjadi
panas sewaktu berada di sekitar kepala silinder, air yang telah panas
harus didinginkan kembali.
Apabila sampai mendidih hal ini menunjukkan adanya gangguan dalam sistem pendinginan tersebut.
Air
mengalir ke bawah dari bagian atas radiator melalui pipa-pipa
radiator, udara dihembuskan melintasi radiator ke arah depan genset,
terjadilah proses pendinginan udara, udara ini menghembus keras karena
adanya kipas yang berputar di belakang radiator. Pada saat air sampai
di bagian bawah radiator, air menjadi dingin dan masuk kembali ke blok
silinder dari bawah untuk mendinginkan mesin.
Demikianlah
proses pendinginan berulang dan terjadilah sirkulasi air pendinginan.
Bagaimanapun juga ada sebagain air yang menguap.
Maka
setiap kali perlu diperiksa permukaan air pendinginan ini. Apabila
perlu harus ditambah supaya alran air dapat berjalan lebih cepat, harus
ada pompa air yang dipergunakan untuk mendorong air mengalir sehingga
dengan demikian daya pendinginan dapat di percapat, sehingga sistem pendingin tersebut merupakan suatu cara pendinginan yang baik
2.Sistem Pendinginan Udara
0 Response to "sistem pendinginan (Dasar)"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.