Untuk mobil yang sudah berumur, gejala overheating kerap terjadi. Hal ini sudah tentu karena berbagai macam hal. Selain umur komponen,
perawatan, dan perlakuan pemilik pada mobilnya yang menyebabkan
overheating ini terjadi. Overheating ini biasanya ditandai pada
indikator suhu yang telah melewati angka setengah dan terus naik, bila
ini terjadi maka segera pinggirkan mobil dan matikan mesin.
Karena bila diteruskan suhu mesin mobil akan menjadi terlalu panas dan
bisa menyebabkan mogok bahkan kerusakan yang lebih parah.
Overheating terjadi karena sistem mesin atau bagian dari sistem
mesin yang tidak berfungsi dengan baik, khususnya yang berhubungan
dengan sistem pendingin mobil. Untuk itu berikut hal-hal yang bisa menyebabkan mobil overheating.
1. Karena radiator bocor
Bila radiator bocor maka air radiator akan berkurang bahkan abis, hal
ini dapat menyebabkan overheating. Segera cek air radiator, apabila
berkurang terus maka dapat dicurigai radiator tersebut bocor. Kemudian
overheating bisa terjadi karena air radiator mampat karena faktor air.
Air dalam radiator lama kelamaan menjadi keruh, kemudian menjadi lumpur
akhirnya mengendap dan menyumbat saluran air radiator. Kalau mengisi air
radiator dengan air biasa jadwal kuras air adalah sebulan sekali, lain
hal bila mngisi air radiator dengan radiator coolant bisa diganti 6
bulan sekali. Dengan catatan tidak terjadi kebocoran.
2. Cek tutup radiator dan slang radiator
Tutup radiator berfungsi sangat vital dimana terdapat katup yang
mengatur air bersirkulasi, sehingga tutup radiator dibuat untuk menahan
tekanan tinggi. Bila tutup radiator ini rusak
maka katup tersebut tidak terbuka dan menyalurkan air cadangan ke
radiator. Dan juga air dapat keluar dari tutup radiator yang rusak.
Kemudian cek juga slang radiator khusunya di bagian klem, gembung atau
tidak atau ada kebocoran pada kem slang radiator.
3. Waterpump rusak
Pirainti bertugas untuk mensirkulasikan air ke seluruh mesin dan
kembali ke radiator untuk didingginkan. Bila rusak sudah tentu akan
membuat air tidak bersirkulasi dan didinginkan di radiator.
4. Kipas radiator rusak dan termostat rusak
Kipas radiator ini fungsinya adalah ikut berfungsi mendinginkan
radiator. Billa rusak maka pendinginan akan tidak maksimal, apa lagi
sewaktu mobil pada posisi diam. Kipas ini juga membantu aliran udara
dari depan radiator untuk melepas panas. Kipas juga bisa rusak atau
bilah-bilahnya yang rusak. Termostat rusak karena mungkin ada kotoran
yang menyumbat, sehingga sirkulasi air terhambat bahkan dapat berhenti.
0 Response to "SISTEM PENDINGIN (2) Penyebab temperatur mobil tinggi (overheating)"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.