Fuel pump atau pompa bahan bakar, beberapa waktu lalu menjadi polemik yang berkepanjangan dimana disinyalir banyak mobil yang rusak
fuel pumpnya pada waktu yang berdekatan dan jumlahnya bisa banyak.
Hipotesa awal dari masalah ini adalah kualitas bahan bakar khususnya
bahan bakar non subsidi, dicurigai kualitas BBM non subsidi ini kurang
begitu bagus dan dapat menyebabkan fuel pump menjadi rusak. Bila fuel
pump rusak maka otomatis mobil menjadi mogok dan tidak bisa jalan, untuk itu sangat penting untuk melihat sistem kerjanya dan komponen apa saja yang terdapat pada fuel pump.
Meskipun ada banyak teknologi
dan model pada fuel pump ini , tetapi pada dasarnya mempunyai kesamaan
part yaitu strainer, pelampung untuk indikator,fuel pump itu sendiri dan
filter bagian dalam. Fungsi fuel pump pada dasarnya adalah sebagai
pensuplai bensin dari tangki BBM ke sistem bahan bakar dalam tekanan
tertentu setelah diatur oleh regulator. Untuk kendaraan yang pompa bahan
bakarnya didekat fuel rail tekanannya harus sekitar 2,5-3
BAR, kemudian untuk regulator yang berada di dalam fuel rair pompa
bahan bakar tekanannya berkisar antara 3,5 -4,2 bar. Tekanan pompa
sendiri harus lebih besar, biasanya diatas 9 bar.
Sistem kerja fuel pump ini adalah pertama-tama bensin dihisap oleh
pompa, tetapi sebelum dihisap pompa maka akan disaring terlebih dahulu
oleh filter luar biasa disebut strainer. Filter ini mempunyai saringan
yang kasar atau pori-pori yang besar, fungsinya adalah untuk tahap awal
menyaring kotoran yang ada di tangki bensin .kemudian ada komponen
pompa itu sendiri, fungsinya adalah menghisap bensin untuk disemprotkan
ke ruang bakar. Didalam pompa ini terdapat kumparan yang bernama
amarture, kumparan ini bekerja bila dialiri listrik dan bekerja dengan
menghasilkan putaran sehingga timbul mekanisme menghisap dan menyembur.
Karena berputar amarture ini menghasilkan panas, tetapi panas ini normal
karena akan didinginkan lagi oleh bensin yang mengalir di dalam pompa.
Kemudian yang terakhir bensin akan disaring lagi oleh filter yang lebih
halus, biasanya pada filter terakhir ini terdapat kotoran yang lumayan
banyak sehingga memberatkan kerja amarture untuk menyemburkan bahan
bakar ke ruang bakar mesin
, bila dibiarkan lama kelamaan amarture akan panas dan gosong. Kalo
amarture gosong berarti fuel pump tidak bisa bekerja normal dan harus
diganti karena amarture ini merupakan komponen utama pada pompa bahan
bakar
0 Response to "FUEL PUMP"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.