Pada mobil
yang menggunakan bahan bakar sebagai sumber tenaga, pasti menghasilkan
panas. Hal tersebut normal, yang tidak normal adalah bila panas tersebut
menjadi terlalu panas sehingga dapat menggangu kinerja mesin (overheating). Ciri-ciri overheating adalah knocking atau menggelitik sampai dengan mesin mobil menjadi mati.
Idealnya mesin mobil bekerja pada suhu 80-90 derajat celcius, dibawah
itu juga tidak bagus karena mesin menjadi terlalu dingin atau
overcooling dan kerja mesin menjadi tidak efisien. Dan jelas kuncinya
ada di perawatan, berikut ini adalah komponen-komponen yang harus diperhatikan dan dirawat pada sistem pendinginan mobil.
Yang pertama adalah waterpump, waterpump atau pomp air bertugas
menyalurkan air dari radiator ke mesin dan dari mesin ke radiator.
Biasanya terbuat dari alumunium, dan ditempatkan di bagian kepala silinder. Komponen ini dapat rusak dikarenakan kualitas coolant dan air yang tidak bagus dan kotor sehingga dapat menghambat pergerakan laher
kipas didalamnya. Waterpump ini juga dapat rusak dikarenakan adanya
korosi atau karat yang tentu juga dipengaruhi oleh kualitas air. Jadi
kuncinya adalah pada kualitas air supaya komponen ini terjaga
keawetannya.
Yang kedua adalah radiator, radiator ini merupakan tempat dimana air
didinginkan menggunakan jasa hembusan angin dari depan. Makanya letaknya
biasanya didepan moncong mobil, komponen ini terbuat dari aluminium
atau tembaga dengan banyak sekat dan didalamnya terdapat puluhan jalur
air. Sekat fungsinya untuk menangkap angin dan jalur air yang banyak
supaya air lebih terpecah dan cepat didinginkan. Pada komponen inilah
air dari mesin yang panas disalurkan ke radiator dan setelah dingin
kembali masuk kedalam mesin dengan bantuan pompa air.
Untuk perawatan cukup mengecek volume air pada radiator sebelum pergi
dan pada saat mobil masih dingin, contohnya pada pagi hari. Pastikan air
tidak berkurang bila berkurang segera ditambahkan, tetapi bila setiap
hari berkurang sekitar 1 liter patut diwaspadai radiator bocor atau jalur air di mesin ada yang bocor.
0 Response to "SISTEM PENDINGIN (1)"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.