KIPAS PENDINGIN

Radiator didinginkan oleh udara luar, akan tetapi ini belum cukup mendinginkan saat mesin berhenti atau mobil belum jalan, untuk itu agar udara dapat mengalir untuk mendinginkan radiator maka dipasang kipas pendingin dibelakang radiator.
 
Ada dua tipe system penggerak dari kipas pendingin, ada yang digerakkan secara mekanikal (melalui tali kipas) ada juga yang menggunakan system elektrik.

a. Kipas yang digerakkan ole tali kipas
Kipas jenis ini digerakkan terus menerus selama mesin hidup oleh tali kipas, kecepatan kipas bergerak seiring kecepatan mesin, utnuk mengatasi hal ini biasanya antara kipas dan pompa air ditambahkan kopling fuida.







 b. Kipas yang digerakkan oleh motor atau elektrik
Kipas model ini bekerjanya berdasarkan motor listrik yang mendapat sinyal dari sensor temperature, jadi ketika mesin masih dingin sensor belum mengalirkan listrik ke motor sehingga kipas belum berputar, dan ketika mesin sudah panas sensor akan mengirimkan sinyal ke ECU kemudian mengalirkan tegangan ke motor melalui relay dan motorpun berputar. System ini akan mempercepat pencapaian suhu kerja dan mengurang beban mesin karena tidak digerakkan langsung oleh mesin, ujung-ujungnya penggunaan bensin lebih optimal

0 Response to "KIPAS PENDINGIN"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.