V BELT dan V RIBBED BELT

Selain menggerakkan kipas pendingin tali kipas juga digunakan untuk menggerakkan komponen lain seperti alternator, pompa power steering, kompresor pendingin udara, dan komponen lain, dikarenakan sistem ini sangat sederhana dan tidak memerlukan pelumasan.
 
Tipe tali kipas ada beberapa macam diantaranya:

1. V belt

Vbelt sudah digunakan beberapa tahun lalu sampai sekarang, disebut Vbelt karena memiliki potongan seperti huruf V, Vbelt terbuat dari karet sintetis dan penguat lain, vbelt dengan gigi semi eliptical disebut tipe cog adalah salah satu tipe vbelt.

2. V ribbed belt
Tipe ini memiliki penampang seperti gambar, untuk tipe ini memiliki tebal keseluruhan yang lebihkecil jika dibanding tipe Vbelt, vribbed belt juga cenderung menimbulkan panas yang kecil karena bagian yang bersentuhan dengan pully penggerak lebih sedikit.



3. Serpentine belt

Untuk tali kipas model ini adalah tipe yang banyak digunakan pada kendaraan modern saat ini, tipe ini menggerakkan semua komponen seperti alternator, pompa power steer, dan lain-lain dalam satu tali kipas otomatis panjang keseluruhan mesin dapat dikurangi sehingga memperkecil penggunaan ruang mesin, model ini juga memiliki daya tahan yang bagus, dikarenakan terbuat dari bahan khusus maka tali kipas model ini agak lebuh mahal dibanding model lain.

KOPLING FLUIDA
Kopling fluida adalah komponen yang mengatur kecepatan kipas pendingin sesuai dengan temperatur udara disekitarnya. Kopling fluida mengatur kecepatan kipas pendingin menjadi dua tahap pertama saat mesin masih dingin putaran kipas pendingin menjadi lambat sehingga mempercepat pencapaian suhu kerja mesin, dan ketika mesin sudah panas maka kopling fluida mempercepat putaran kipas sehingga membantu pendinginan mesin. 
 
 
Konstruksi kopling fluida diperlihatkan seperti gambar.

0 Response to "V BELT dan V RIBBED BELT"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.