Tips Kuatkan Mental Jelang Presentasi

Ilustrasi : Telegraph
Mendapat giliran untuk presentasi dan menjadi pembicara di hadapan banyak orang adalah hal yang biasa. Jadi, tidak perlu panik ketika suatu ketika giliran Anda muncul karena pada dasarnya selama ini kita sudah dipersiapkan untuk menghadapi situasi tersebut.  

Tidak percaya? Ketika duduk di bangku SMA dan kuliah, baik guru maupun dosen sering kali memberikan tugas dan meminta kita mempresentasikannya di hadapan teman-teman satu kelas. Tidak hanya itu, saat sidang skripsi pun mental Anda ditempa untuk menjadi seorang presenter yang baik.

Masih belum percaya diri juga? Berikut beberapa prinsip dasar yang dapat Anda tanamkan dalam diri untuk mempersiapkan mental ketika kebagian tugas mempresentasikan pekerjaan di hadapan klien dan atasan, seperti dikutip dari buku Anak Bawang Cari Peluang.

Berbicara di depan publik bukan hal yang sangat menegangkan
Dunia enggak bakal runtuh ketika Anda gagal dalam berbicara di depan publik dengan baik. Selalu ada kali pertama untuk setiap hal. Jadi, tenang dan santai saja. Jika gagal, jadikan motivasi untuk tampil lebih baik pada kesempatan berikutnya.
 
Enggak perlu menjadi orang yang sempurna, cerdas, ataupun brilian untuk bicara di depan publik.
Cukup kuasai dengan baik materi yang ingin Anda sampaikan dan sampaikan dengan tepat dan jelas materi tersebut kepada audiens.

Siapkan 2-3 poin pembicaraan atau pertanyaan
Hal ini bertujuan agar audiens dalam hal ini rekan kerja, atasan, maupun klien dapat memahami dengan benar dan jelas informasi yang kita sampaikan. Sebab, audiens akan kesulitan mengingat atau memperhatikan lebih dari tiga hal dalam satu waktu.

Punya tujuan atau sasaran yang jelas dan terarah
Sejak awal, Anda harus mengetahui sasaran dari penyampaian materi tersebut. Dengan demikian, pembicaraan Anda tetap fokus dan terarah sehingga memudahkan audiens untuk mengerti.

Tidak perlu menyamakan diri dengan pembicara publik
Ingat, tujuan terpenting Anda menjadi pembicara saat itu adalah untuk menyampaikan pesan kepada seluruh audiens dan mereka mengerti dengan baik apa yang Anda sampaikan.

Enggak perlu menguasai seluruh audiens
Biarkan saja jika ada beberapa orang yang enggak menaruh perhatian pada presentasi yang Anda bawakan. Cukup fokuskan perhatian Anda kepada mereka yang memang tertarik mendengarkan pembicaraan Anda.
 
Ingatlah banyak orang yang berharap Anda berhasil
Saat Anda melakukan presentasi, rekan kerja satu tim maupun atasan yang hadir di situ selalu berharap Anda berhasil menyampaikan materi tersebut. Sebab, keberhasilan Anda tentu akan membuat mereka bangga dan meningkatkan nama baik mereka pula.
 
 

1 Response to "Tips Kuatkan Mental Jelang Presentasi"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.