Sumitro Fellows Program 2013 Dibuka

Lembaga Kerjasama Amerika Serikat (AS)-Indonesia, USINDO, membuka Sumitro Fellows Program 2013. Program ini akan memberikan dana studi USD10 ribu kepada mahasiswa pascasarjana, kandidat doktor, akademisi senior dan kandidat profesional lain yang memenuhi kualifikasi.

Satu beasiswa disediakan bagi warga negara AS dalam riset tentang kebijakan politik dan ekonomi di Indonesia. Aplikasi dengan riset di luar lingkup tersebut tidak akan dipertimbangkan. Sedangkan satu tempat lainnya juga diberikan kepada warga negara Indonesia dengan proyek penelitian terkait hubungan bilateral AS-Indonesia. Aplikasi dengan riset penelitian yang fokus pada topik spesifik tentang AS atau Indonesia, atau di luar topik tentang AS atau Asia tidak akan diluluskan.

Pelamar dari AS harus menguasai bahasa Indonesia, secara lisan maupun tulis
an. Sebaliknya, WNI yang berminat pada beasiswa ini juga harus menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL. Namun, aturan ini tidak berlaku bagi para WNI yang lulus dari institusi pendidikan tinggi AS atau dari institusi pendidikan lain dengan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Nilai tambah akan diberikan kepada pelamar yang mempublikasikan hasil kerja mereka. Kunjungan dan pengalaman sebelumnya ke Indonesia atau Amerika juga menjadi pertimbangan, tapi bukan kewajiban.

Formulir pendaftaran yang sudah diisi harus dilengkapi dengan abstrak penelitian sepanjang satu hingga lima halaman dengan jarak satu spasi, curriculum vitae (CV) maksimal 10 halaman atau resume dengan daftar sitasi publikasi dimulai dari urutan terbaru. Berkas lamaran juga harus dilengkapi dengan dua surat rekomendasi; satu surat harus berasal dari pembimbing disertasi, staf senior universitas, atau pembimbing lain yang setara. Jangan lupa untuk mengingatkan pemberi rekomendasi agar langsung mengirimkan surat rekomendasi mereka ke sumitro@usindo.org sebelum 15 Januari 2013.

Panitia penerimaan juga akan mempertimbangkan informasi tambahan lain seperti contoh tulisan, silabus perkuliahan, dan lainnya. Dosen dan staf akademik di kampus dipersilakan melampirkan silabus perkuliahan maksimal lima halaman.

Kirimkan berkas pendaftaran via email ke sumitro@usindo.org. Deadline pendaftaran adalah 15 Januari 2013. Perlu diketahui, USINDO akan mengumumkan kandidat yang terpilih pada 28 Februari 2013. USINDO juga tidak akan memberikan beasiswa jika tidak ada kandidat yang memenuhi kualifikasi pada tahun berjalan.

Sebagai informasi Sumitro Fellows Program diinisiasi untuk menghormati Dr. Sumitro Djojohadikusumo, ekonom senior Indonesia yang juga pendiri USINDO. Arsitek ekonomi modern Indonesia ini wafat pada 2001 lalu. Profesor Sumitro pernah memimpin Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, serta menjadi menteri perdagangan.

Profesor Sumitro juga menjadi motor program Ford Foundation pada 1950-an yang mengirimkan para ekonom Indonesia ke AS untuk pendidikan lanjutan. Kebanyakan dari mereka menempuh studi di University of California di Berkeley dan kelompok tersebut pun dikenal sebagai "Mafia Berkeley" ketika beberapa anggotanya menjadi menteri kunci dalam pemerintahan Indonesia .

Informasi lengkap dapat disimak di DISINI


1 Response to "Sumitro Fellows Program 2013 Dibuka"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.