Pertanyaan "Haram" Saat Wawancara Kerja

Kesempatan kita mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan biasanya ditentukan oleh wawancara kerja. Pada saat inilah pelamar kerja harus menampilkan sisi terbaik yang ada pada dirinya.

Selama wawancara berlangsung, terkadang pewawancara memberikan kesempatan bagi Anda untuk bertanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

 Dalam kesempatan inilah terkadang pelamar sering menanyakan hal-hal yang salah, yang justru memberi kesan buruk di mata pewawancara.

Untuk itu, Anda harus mengetahui pertanyaan apa yang sebaiknya disampaikan dan tidak disampaikan kepada pewawancara. Seperti dikutip dari Her Campus, setidaknya ada beberapa jenis pertanyaan yang seharusnya tidak Anda sampaikan saat wawancara kerja.

Apa yang tepatnya dilakukan oleh perusahaan Anda?
Salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan sebelum mengikuti wawancara kerja yaitu mencari tahu informasi mengenai perusahaan tempat Anda melamar. Sebagian besar pewawancara berasumsi bahwa pelamar sudah mengetahu informasi penting mengenai perusahaan mereka. Jika Anda menanyakan pertanyaan tersebut, maka pewawancara akan berpikir bahwa Anda tidak peduli dan tidak meluangkan waktu untuk mencari tahu informasi tentang perusahaan.

Berapa perusahaan akan menggaji saya untuk posisi ini?
Jika pewawancara belum membahas mengenai gaji, jangan pernah Anda menanyakan hal tersebut terlebih dahulu. Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, pewawancara akan menilai Anda sebagai orang yang lebih tertarik untuk menuai manfaat dari posisi yang Anda lamar daripada melakukan pekerjaan nantinya dengan baik. Tunggulah sampai pewawancara membahas mengenai gaji, baru Anda boleh berdiskusi tentang penawaran gaji yang Anda inginkan.

Kapan saya bisa mengambil cuti untuk liburan?
Dengan bertanya tentang cuti sebelum Anda mendapatkan pekerjaan tersebut, hanya akan menyiratkan bahwa Anda tidak akan berkomitmen penuh untuk posisi Anda dan membuat Anda menjadi calon karyawan yang kurang diinginkan oleh perusahaan.

Saya harus bekerja berapa jam dalam seminggu? Apakah saya harus bekerja saat akhir pekan?
Ketika Anda bertanya mengenai jam kerja dan kerja ekstra, pewawancara akan berasumsi bahwa Anda berharap untuk bekerja sesedikit mungkin. Jika Anda benar-benar ingin mengetahui jawaban ini untuk mengukur seberapa sibuknya Anda nanti, dapat mengganti pertanyaannya dengan “Apakah ada hari kerja pengecualian dalam posisi ini?”

Setelah bekerja berapa lama baru saya akan dipromosikan untuk naik jabatan?
Pertanyaan ini hanya akan membuat seolah-olah Anda melamar posisi ini hanya untuk mendapatkan jabatan yang tinggi di perusahaan dan Anda tidak tertarik untuk posisi yang Anda lamar. Selain itu, hal tersebut akan menyiratkan bahwa Anda merupakan orang yang terlalu ambisius dan haus akan kekuasaan.

Apakah saya diterima untuk menempati posisi itu?

Dengan mengajukan pertanyaan ini, pewawancara akan menilai Anda sebagai orangyang tidak sabar. Jika Anda ingin memastikan apakah Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut, Anda bisa mengganti pertanyaannya dengan “Apakah Anda melakukan beberapa proses seleksi lagi untuk pelamar-pelamar posisi ini?” Dengan menanyakan pertanyaan ini, pewawancara biasanya akan memberikan informasi kepada Anda mengenai hal tersebut, meskipun mereka kurang tertarik kepada Anda.

Pertanyaan lain yang tidak perlu Anda tanyakan saat wawancara kerja antara lain: Dapatkah saya melihat ruang istirahat? Berapa lama waktu makan siang? Apa sanksi yang akan diberikan oleh perusahaan jika saya terlambat? Apakah saya harus menjalani tes narkoba? Apakah di perusahaan ini karyawan bisa mengakses internet? Berapa kali peringatan yang diberikan oleh perusahaan sebelum memecat karyawan?

Selama Anda tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut, kemungkinan besar pewawancara akan menilai Anda sebagai calon karyawan yang patut dipertimbangkan untuk bekerja di perusahaan mereka.


1 Response to "Pertanyaan "Haram" Saat Wawancara Kerja"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.