Modul Teknik Alat Berat (Merawat 10 Jam Operasi Mesin Daily)

Modul Merawat 10 jam operasi mesin (daily) dengan kode ABMR 020.01-1.A. berisi tentang materi dan informasi tentang prosedur perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin/unit alat berat pada berbagai keadaan. Selain itu diuraikan informasi tentang keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan terkait dengan penanganan perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin atau unit alat berat. Materi diuraikan dengan pendekatan praktis disertai ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami bahasan yang disampaikan.

Modul ini disusun dalam 5 kegiatan belajar, setiap kegiatan belajar berisi materi, dan diakhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materi, dilanjutkan test formatif. Setiap siswa harus mengerjakan test tersebut sebagai indikator penguasaan materi jawaban test kemudian dibandingkan dengan kunci jawaban. Guna melatih keterampilan dan sikap kerja yang benar setiap siswa dapat berlatih dengan pedoman lembar kerja yang ada. Diakhir modul terdapat evaluasi sebagai uji kompetensi siswa. Uji kompetensi dilakukan secara teroritis dan praktik. Uji teoritis dengan siswa menjawab pertanyaan yang pada soal evaluasi, sedangkan uji praktik dengan meminta siswa mendemontrasikan kompetensi yang harus dimiliki dan guru/instruktur menilai berdasarkan lembar observasi yang ada.

Melalui evaluasi tersebut dapat diketahui apakah siswa mempunyai kompetensi perawatan keliling, tentang prosedur perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin/unit alat berat pada berbagai keadaan dengan sub kompetensi :

  1. Perawatan keliling sebelum engine distart (semua unit alat berat).
  2. Pemeriksaan engine saat dihidupkan
  3. Pemeriksaan unit /mesin sambil dioperasikan.
  4. Menghidupkan dan mematikan engine.
  5. Mengoperasikan dan memarkir unit/mesin.
Siswa dapat melanjutkan ke modul berikutnya bila memenuhi kriteria kelulusan yang telah ditetapkan dalam modul ini.

Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!



7 Responses to "Modul Teknik Alat Berat (Merawat 10 Jam Operasi Mesin Daily)"

  1. Setuju sekali, dengan adanya modul diharapkan siswa mampu menetahui perawatan keliling, tentang prosedur perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin/unit alat berat pada berbagai keadaan. hal ini bertujuan untuk memudahkan siswa di lapangan kerja nantinya.

    ReplyDelete
  2. Memang sebaiknya modul dilengkapi dengan materi yang diuraikan dengan pendekatan praktis disertai ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami bahasan yang disampaikan.

    ReplyDelete
  3. selain teori, sebaiknya siswa diajak untuk menerapkannya dalam praktek agar mudah dipahami.

    ReplyDelete
  4. kalau boleh tahu, berapa harga modul ini? evaluasi apa saja yang disediakan di buku ini? terima ksh

    ReplyDelete
  5. Modul ini lengkap seklai sampai disusun dalam 5 kegiatan belajar, setiap kegiatan belajar berisi materi, dan diakhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materi, dilanjutkan test formatif. terima kasih

    ReplyDelete
  6. Komplit sekali, sampai diuraikan informasi tentang keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan terkait dengan penanganan perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin atau unit alat berat. berapa ya harga modul ini?

    ReplyDelete
  7. dengan adanya modul ini diharapkan para siswa bertambah wawasannya dan bisa mempraktekkan dengan benar.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.