Cara Mudah Mendapatkan Pengunjung (Visitor) Blog

Banyak blogger yang suka sekali menulis di blognya hingga memiliki ratusan posting. Walaupun ada beberapa blogger yang menulis untuk sekedar curhatan saja atau sebagai arsip online yang dibuat hanya untuk dibaca dirinya sendiri. Tetapi kebanyakan blogger menulis di blognya untuk dibaca orang lain. Bila orang lain tidak ada yang membaca mungkin rasa menulis pun jadi menurun. Lalu, mengapa blog saya tidak ada visitor sama sekali? Apa ada yang salah?

Menurut zebhi ada beberapa faktor yang menyebabkan blog tidak memiliki pengunjung, yaitu:
  1. Tidak pernah rajin posting lagi.
  2. Tidak pernah promosi.
  3. Tidak pernah blogwalking.
  4. Tidak memiliki pengetahuan tentang ilmu SEO.

Sudahkah Anda melakukan salah satunya? Mari kita bahas satu persatu dari 4 hal di atas.
1. Sering-seringlah menulis di blog. 
- Bagaimana mungkin ada visitor bila blogger hanya menulis 2 atau 3 posting saja lalu ditinggal pergi entah ke mana. Agar blog selalu dikunjungi, cobalah untuk rajin posting. Paling tidak blog selalu di-update tiap bulan.
2. Bagaimana cara mempromosikan blog?
 - Banyak sekali media yang bisa digunakan untuk berpromosi blog. Pasti Anda memiliki akun Facebook bukan? Gunakan akun Facebook Anda untuk mempromosikan blog. Situs Jejaring Sosial lainnya juga bisa digunakan seperti Twitter, Friendster, Foursquare, Koprol, Plurk, dll.

- Daftar di social bookmarking site. Ini salah satu cara yang juga sering digunakan banyak blogger untuk mendapatkan pengunjung blog. Beberapa social bookmarking site yang populer, di antaranya adalah: MyBlogLog, Blog Catalog, TopofBlogs, Delicious, Digg, Reddit, StumbleUpon, dll. Ini cara yang cukup mudah untuk mendapatkan pengunjung. Blogger hanya mendaftar saja sesuai petunjuk yang ada. Isi semua ketentuan di website tersebut, jangan lupa untuk memasukkan alamat blog Anda di kolom yang tersedia. Bila diwajibkan untuk pasang banner atau widget maka pasang saja di blog.

- Daftar di forum yang Anda ikuti. Apakah Anda sering mengunjungi forum-forum? Beberapa di antaranya memperbolehkan fitur signature di bawah post yang bisa Anda gunakan untuk berpromosi blog.
3. Berkunjung ke Blog lain (Blogwalking).
Punya Blog tetapi tidak pernah mengunjungi dan berkomentar di blog lain rasanya ada yang tidak lengkap. Itulah gambaran seorang blogger yang hanya menulis saja di blog pribadinya tanpa mengunjungi blog lain. Cobalah bila online mengunjungi blog-blog lain dan tinggalkan komentar agar pemilik blog dan pembaca yang lain mengetahui alamat blog Anda. Selain menambah teman blogger, Anda juga dapat membaca artikel lainnya yang ditulis oleh blogger-blogger lain.
4. Pelajari dan terapkan SEO.
Apa itu SEO? SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses tentang bagaimana cara optimisasi untuk mendapatkan volume dan kualitas trafik pengunjung di mesin pencari. Tujuannya untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Ask, dll.

Sebenarnya tidak ada yang mengetahui dengan sangat akurat tentang bagaimana cara optimisasi di mesin pencari, kecuali mungkin beberapa orang yang mengurusinya di perusahaan tersebut. Karena memang algoritma pencarian dirahasiakan. Tetapi cara-cara yang sesuai dengan aturan sudah banyak dibeberkan. Bahkan oleh pihak-pihak dari perusahaan mesin pencari itu sendiri. Dan  ada juga cara-cara blackhat atau melanggar ketentuan yang bisa berakibat fatal dengan pemberian hukuman seperti Deindex (situs dikeluarkan dari index mesin pencari), dll.

1 Response to "Cara Mudah Mendapatkan Pengunjung (Visitor) Blog"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.