5 Kebiasaan Kerja Efektif untuk si Fresh Graduate

Sebagai fresh graduate, kita memasuki dunia baru yang jauh berbeda ketika kuliah. Rasa bingung bagaimana harus bersikap dengan rekan kerja serta menunjukkan kinerja yang baik di mata atasan menjadi ritual wajar yang dialami tiap hari.  

Namun, dunia kerja terdapat beberapa kebiasaan kerja dasar yang dapat meningkatkan produktivitas kita. Sebab, konsisten dengan pekerjaan Anda dapat meningkatkan peluang untuk sukses di awal karier. Berikut lima kebiasaan kerja efektif seperti dikutip dari Careerealism.

Relawan untuk berbagai tugas
Salah satu cara terbaik untuk menandakan seorang pembelajar yang baik dan pekerja keras adalah menjadi sukarelawan untuk berbagai tugas. Terutama tugas yang tidak berani diambil oleh siapapun.

Namun, sebelum menawarkan diri sebagai sukarelawan, pastikan sudah mengukur kemampuan dan pengetahuan untuk dapat mencapai tugas tersebut. Jika percaya diri dapat menyelesaikan tugas dengan sempurna, maka beranikanlah untuk menjadi relawan.

Jadilah pribadi yang menyenangkan
Mungkin terdengar filosofis. Tetapi ketika Anda bersikap baik kepada rekan kerja baik atasan maupun sesama rekan kerja, maka mereka pun dengan senang hati akan membantu dan bekerja sama dengan Anda.

Bersikap sopan, santun, dan menyenangkan tidak membutuhkan keahlian khusus. Cukup dengan bersikap ramah, tersenyum, atau sekadar mengucapkan selamat pagi. Dengan bersikap baik dan ramah akan menurunkan tingkat stres yang dialami di lingkungan kerja, terutama lingkungan kerja yang bertekanan tinggi.

Prioritaskan pekerjaan Anda
Kita semua senang memulai bekerja pada hal-hal yang kita cintai walaupun sering kali pekerjaan tersebut mungkin bukan yang paling mendesak dan penting dalam daftar tugas di tempat kerja. Bila memilih mengerjakan hal-hal yang lebih menarik daripada pekerjaan yang lebih penting atau mendesak, maka Anda menurunkan peluang untuk sukses.

Untuk itu, penting untuk memiliki daftar hal yang harus dilakukan sesuai dengan kepentingan strategis perusahaan serta mengetahui peran Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam mencapai tujuan perusahaan. Ketika kita memprioritaskan pekerjaan kita, maka kita menjadi lebih produktif dan meningkatkan peluang untuk sukses dalam karier.

Tetap berpikir positif
Sebagai orang baru di dunia kerja, maka sangat mudah bagi Anda untuk merasa down. Sistem kerja, rekan kerja, maupun tugas-tugas yang menumpuk merupakan hal asing. Kemampuan beradaptasi kita pun diuji untuk dapat sesegera mungkin menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Jangan lantas menyerah dengan keadaan tersebut. Atasilah keadaan ini dengan tetap positif. Dengan berpikir positif akan membuat kita tetap fokus pada tujuan yang telah ditetapkan.

Sorot masalah dengan menghadirkan solusi
Setiap kali menyorot masalah dengan atasan atau manajemen, pastikan disertai dengan solusi untuk masalah tersebut. Sebab, dengan menyorot masalah tanpa ada solusi maka akan dicap sebagai pengeluh.



1 Response to "5 Kebiasaan Kerja Efektif untuk si Fresh Graduate"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.