Pada skema di bawah ini adalah cara bekerjanya pada masing –masing cylinder dan urutan ke 4 gerakan dari motor 4 gerakan/ 4 tak ;
Gerak tempuh motor = ½ putaran / 180 derajat
Jadi panjang kotak adalah ; 4 x ½ putaran / 180 derajat =720 derajat
Tertip pengapian selalu di mulai dari cylinder pertama yaitu ; pembakaran
Motor 4 cylinder
Penghisap pada
motor yang bercylinder 4 mengadakan tekanan setiap krukas berputar 180
derajat. Setelah gerakan kerja di dalam cylinder yang pertama selesai ,gerakan kerja di dalam cylinder yang kedua di mulai.
Lihat skema di bawah ini ;
motor yang bercylinder 4, Dengan adanya letak sumbu engkolnya
sedemikian rupa maka tertip pengapiannya atau ledakan dari ada 2 macam
yaitu ; 1 -3 -4 -2 atau 1 -2 -4 -3.
Motor 6 cylinder
Pada gambar di bawah ini kita
bisa melihat krukas 1=6 – 2 =5 - 3 = 4 letaknya searah biasanya tertip
letupannya adalah ; ( 1-5-3-6-2-4 )
Kita bisa melihat gerakan kerja
dimulai dari setiap cylinder .sebelum gerakan kerja dari cylinder yang
dahulu selesai sama sekali .lihatlah pada cylinder yang pertama setelah
krukas berputar 120 derajat terjadilah gerakan kerja di dalam
cylinder yang ke lima . jadi jelaslah bahwa motor yang bercylinder enam
berputarnya lebih rata daripada motor yang bercylinder empat’ bahwa
semakin banyak cylinder dari suatu motor di buat semakin ringan roda
penerusnya dan semakin cepat tarikannya.’
Tertip pengapian dari motor bercylinder 6 ada 2 macam ;
- 1-5-3-6-2-4 /umum di pakai
- 1-4-2-6-3-5
Kelebihan dari motor 6
cylinder dapat menghasilkan tenaga putaran krukas yang tinggi.biasanya
banyak di gunakan untuk kendaraan –kendaraan ukuran besar dan berat.ada
juga motor yang di atasnya 6 cylinder yaitu 8 cylinder dan 24
cylinder.
Motor bisa hidup karena 3 faktor :
- Normalnya / besarnya pengapian
- Lancarnya bahan bakar
- Adanya kompresi / pemampatan
Min, cara buat gambar gif begitu pakai aplikasi apa?
ReplyDeleteMohon Jawabannya... :)
gambar gifsistem pengapiannya keren gan, thanks
ReplyDelete