UNS Cantumkan Ekskul Dalam Transkrip Nilai

Ilustrasi: suasana job fair. (Foto: Katon Bagaskara Firdaus/Okezone) 
 
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan melampirkan transkrip nilai kegiatan mahasiswa pada ijazah sarjana. Meski hanya lampiran, tetapi bisa sebagai bahan tambahan dan pertimbangan saat melamar pekerjaan.

"Pelampiran transkrip nilai kegiatan ekstra mahasiswa akan dimulai pada tahun akademis 2013-2014," ungkap Pembantu Rektor III UNS Drs. Dwi Tiyanto, SU. di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (26/11/2012).

Dwi mengatakan, selama belajar di UNS mahasiswa  memang tidak wajib mengikuti kegiatan ekstra. Aktivitas ini  juga tidak mempengaruhi nilai kelulusan mereka sebagai sarjana. Tetapi, mulai tahun depan universitas akan memberi lampiran nilai tersendiri bagi mahasiswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler.

"Dengan dilampirkannya transkrip nilai kegiatan ekstra mahasiswa tersebut, universitas ingin menunjukkan bahwa lulusannya juga memiliki keterampilan atau softskill. Dan ketrampilan yang dimiliki itu tertempa saat mahasiswa mengikuti kegiatan ekstra," imbuhnya.

Dwi mengungkap, meskipun ada sarjana yang memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) hingga empat pada bidang keilmuannya, namun sarjana yang bersangkutan belum tentu terampil saat diberi pekerjaan. "Karena itu softskill sangat penting untuk menunjang ilmu yang dikuasainya. Artinya, semakin tinggi nilai softskillnya, semakin terampil pula dalam bekerja," ujar Dwi.

0 Response to "UNS Cantumkan Ekskul Dalam Transkrip Nilai"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.