Fungsi Dan Cara Kerja Extra Fan AC

Extra fan adalah komponen ac mobil berupa fan tambahan pada sistem pendingin mesin dan atau ac mobil berupa motor listrik dan di gerakan oleh tegangan listrik. Ektra fan pada ac mobil berfungsi untuk membantu pendinginan kondensor saat ac mobil bekerja, agar proses kondensasi di dalam kondensor bekerja dengan baik.

Bekerjanya motor extra fan bersamaan dengan hidup ac mobil atau berdasarkan temperatur air radiator.Dimana untuk extra fan yang bekerja berdasar temperatur air radiator, terdapat sensor untuk mengatur bekerjanya extra fan yang tertanam di radiator.

Untuk mengetahui dengan mudah apakah kendaraan menggunakan extra fan atau tidak adalah dengan melihat kipas yang ada di sekitar radiator.Kalau hanya terdapat satu kipas atau satu fan artinya kendaraan tidak menggunakan kipas yang di sebut extra fan.

Beberapa type serta posisi penempatan extra fan.
Sesuai dengan fungsinya untuk membantu pendinginan kondensor ac mobil,terdapat beberapa penempatan posisi extra fan sesuai kebutuhan pendinginan kondensor.
  1. Extra fan berada di depan kondensor ac mobil dan meniupkan angin dingin ke arah kondensor dari arah depan.
  2. Posisi Ektra fan berada di belakang kondensor dan radiator secara berdampingan untuk bersama-sama membuang panas kondensor dan radiator.
  3. Untuk ac mobil yang menggunakan lebih dari satu kondensor maka extra fan berada di masing-masing kondensor.
  4. Motor cooling fan yang sekaligus berfungsi sebagai extra fan,merupakan satu motor cooling fan dengan dua kecepatan, pada low speed bekerja saat ac hidup dan pada high speed saat temperatur kerja mesin dan saat high pressure switch ac bekerja.
  5. Motor cooling fan sekaligus mengambil alih fungsi sebagai extra fan tanpa perbedaan kecepatan baik saat ac mobil hidup atau saat temperatur kerja mesin tercapai.

0 Response to "Fungsi Dan Cara Kerja Extra Fan AC"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.