Motor cooling fan radiator merupakan komponen penting pada mesin
mobil yang berfungsi untuk mempertahankan temperatur kerja mesin. Akibat
yang disebabkan oleh tidak bekerjanya motor cooling fan atau tidak
normalnya cooling system secara keseluruhan, akan sangat fatal jika
mesin terus dipaksa jalan, mesin bisa macet atau silinder head bengkok.
Berikut adalah salah satu cara kerja dari fan radiator atau kipas radiator dengan dua kecepatan, yang bisa di temui pada beberapa jenis dan merek mobil.
Fan radiator dua kecepatan (2 speed fan radiator) artinya motor cooling fan tersebut memiliki dua kecepatan hembusan angin yang bisa di ukur dengan air flow meter (alat ukur kecepatan angin), atau menggunakan tang amper (amper meter) untuk mengetahui berapa ampere arus listrik yang mengalir pada masing-masing kecepatan.
Fan radiator dua kecepatan (2 speed fan radiator) artinya motor cooling fan tersebut memiliki dua kecepatan hembusan angin yang bisa di ukur dengan air flow meter (alat ukur kecepatan angin), atau menggunakan tang amper (amper meter) untuk mengetahui berapa ampere arus listrik yang mengalir pada masing-masing kecepatan.
Penjelasan dari sirkuit rangkaian kipas radiator dua kecepatan diatas:
1. Saat temperatur kerja mesin tercapai.
1. Saat temperatur kerja mesin tercapai.
Engine ECU memberi perintah kepada Fan Relay No.1 dan No.2 untuk
bekerja. Kontak relay pada pin 30 dan 87 pada kedua relay terhubung.Arus
listrik mengalir dari fuse RDI masuk ke Radiator Fan Motor, selanjutnya
melewati kontak relay no.2 menuju ground (lihat garis biru ).
2.Saat AC bekerja normal.
Engine ECU memberi perintah Fan Relay No.1 menghubung, arus listrik mengalir menuju ground melewati A/c Condensor Fan Resistor, besarnya arus listrik yang mengalir di tentukan oleh nilai Resistor, sehingga putaran fan lebih lambat.
3.Saat High Pressure Switch bekerja.
Saat AC bekerja normal, karena sebab lain menyebabkan tekanan tinggi
pada high pressure pipa ac melebihi batas yang ditetapkan oleh pressure
switch, mungkin karena:
a. Kelebihan freon atau oli compressor
b. Kondensor kotor
c. Radiator kotor
Sehingga pressure switch menghubung (lihat garis merah) dan arus listrik tidak lagi melewati resistor, karena kontak/pin 30 dan 87 pada relay No.2 terhubung.
a. Kelebihan freon atau oli compressor
b. Kondensor kotor
c. Radiator kotor
Sehingga pressure switch menghubung (lihat garis merah) dan arus listrik tidak lagi melewati resistor, karena kontak/pin 30 dan 87 pada relay No.2 terhubung.
Speed 1 : Arus listrik melewati resistor
Speed 2 : Arus listrik tidak melewati resistor
Speed 2 : Arus listrik tidak melewati resistor
sumber : http://www.ac-elektrik.com
0 Response to "Cara Kerja Kipas Radiator Dua Kecepatan"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.