Sistem Transmisi Pada Mobil
Sistem
transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang menjadi penghantar
energi dari mesin ke diferensial dan as. Dengan memutar as, roda dapat
berputar dan menggerakkan mobil. Transmisi
diperlukan karena mesin pembakaran yang umumnya digunakan dalam mobil
merupakan mesin pembakaran internal yang menghasilkan putaran (rotasi)
antara 600 sampai 6000 rpm. Sedangkan, roda berputar pada kecepatan
rotasi antara 0 sampai 2500 rpm.
Sekarang ini, terdapat dua sistem transmisi yang umum, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.
Terdapat juga sistem-sistem transmisi yang merupakan gabungan antara
kedua sistem tersebut, namun ini merupakan perkembangan terakhir yang
baru dapat ditemukan pada mobil-mobil berteknologi tinggi dan
merek-merek tertentu saja.
a. Transmisi Manual
Transmisi
manual merupakan salah satu jenis transmisi yang banyak dipergunakan
dengan alasan perawatan yang lebih mudah. Biasanya pada transimi manual
terdiri dari 3 sampai dengan 7 speed.
b. Transmisi Semi Otomatis
Transmisi
semi otomatis adalah transmisi yang dapat membuat kita dapat merasakan
sistem transmisi manual atau otomatis, bila kita sedang menggunakan
sistem transmisi manual kita tidak perlu menginjak pedal kopling karena
pada sistem transmisi ini pedal kopling sudah teratur secara otomatis.
c. Transmisi Otomatis
Transmisi otomatis terdiri dari 3 bagian utama, yaitu : Torque converter, Planetary gear unit, dan Hydraulic control unit.
Torque converter berfungsi sebagai kopling otomatis dan dapat
memperbesar momen mesin. Sedangkan Torque converter terdiri dari Pump
impeller, Turbine runner, dan Stator. Stator terletak diantara impeller
dan turbine. Torque converter diisi dengan ATF (Automatic Transmition
Fluid). Momen mesin dipindahkan dengan adanya aliran fluida.
d. Tiptronic
(BMW menyebutnya Steptronic, pabrikan lain juga punya nama sendiri tapi sebenarnya semuanya sama). Sebenarnya sama saja dengan sistem Automatic biasa, tapi kita bisa
memindahkan gigi sendiri dengan tuas. Sedikit lebih mahal daripada
matic biasa. Mercedes sudah punya sistem 7 AT.
Keunggulan : kenyamanan matic tapi kita bisa memindahkan gigi sendiri.
Kelemahan : sama seperti matic biasa, kurang responsif.
e. Clutchless Manual
Sistem manual tanpa pedal kopling, dengan tuas transmisi bukan seperti
tuas matic tapi persis seperti tuas manual (1-2-3-4-5-R). Kopling
diatur computer, cara memindahkan gigi : pedal gas sedikit diangkat
(untuk memberitahu computer untuk siap2 mengatur kopling), lalu
pindahkan tuas manual. Sistem ini hanya sempat muncul sebentar,
contohnya pada Mercedes A-class generasi pertama (namanya clutchless
manual atau semi-auto). Sistem ini tidak populer karena tidak senyaman
matic/tiptronic yang bisa berpindah gigi sendiri, dan rasanya tidak
senatural manual biasa, karena tidak ada pedal kopling untuk diinjak. (Sayang sekali, padahal aku suka sistem ini.) Sekarang sudah tidak ada mobil yang pakai sistem ini.
f. CVT
Seperti sistem matic, tapi menggunakan belt yang variable sehingga
rationya bisa diubah2. Sebenarnya hanya punya satu gigi atau sering
disebut tidak bergigi. Audi menyebutnya Multitronic, pabrikan lain juga
punya nama sendiri2 tapi semuanya sama. Ada juga yg menggunakannya untuk menipu customer seperti Honda dengan
sistem '7-speed Steermatic'-nya. Berbeda dengan 7 AT milik Mercedes yang
benar2 memiliki 7 gigi asli, Steermatic Honda ini hanya mengubah2
ratio belt saja. Bandingkan saja dengan Tiptronic, respons tenaganya kalah jauh. Karena sistem CVT ini memiliki kurva tenaga yang linear.
Keunggulan :
- Perpindahan gigi 'tidak terasa'. Sebenarnya bukannya 'tidak terasa', tapi karena sebenarnya TIDAK ADA GIGI YANG BERPINDAH karena hanya punya satu gigi.
- Lebih irit daripada matic biasa karena tidak menggunakan torque converter.
Kelemahan :
- Sangat tidak cocok untuk performance car.
- Tenaga tidak responsif, kalah responsif oleh matic biasa sekalipun.
- Pada matic biasa begitu di-kickdown langsung turun gigi, sedangkan pada CVT hanya mengubah ratio belt saja.
0 Response to "Sistem transmisi kendaraan"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.