Cara Kerja Motor Bensin 2 Tak

Apa itu siklus motor bensin 2 tak ? Motor bensin 2 tak adalah motor berbahan bakar bensin yang dalam 1 kali siklus usaha membutuhkan 2 langkah piston . Prinsip kerjanya adalah :

1. Hisap dan kompresi
Piston bergerak ke atas . Ruang di bawah piston menjadi vakum / hampa udara , berakibat campuran udara dan bensin terhisap masuk ke dalam ruang di bawah piston . Sementara ruang di atas piston dikompresikan / dimampatkan , sehingga campuran udara dan bensin yang sudah berada di atas piston menjadi naik suhu dan tekanannya . Pada saat 10 -5 derajat sebelum TMA , busi memercikkan api , sehingga campuran udara dan bensin yang telah naik suhu dan tekanannya , menjadi terbakar dan meledak .

2. Usaha dan buang
Hasil dari terbakar dan meledaknya campuran udara dan bensin itulah, yang membuat piston terdorong ke bawah. Pada saat piston terdorong ke bawah / bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan.  Sehingga campuran bensin dan udara yang berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang di atas piston melalui saluran bilas.  Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong keluar dan keluar menuju saluran buang, kemudian menuju knalpot .

Begitulah seterusnya , langkah kerja ini terjadi berulang - ulang selama mesin hidup .


Keterangan :
  • Pada saat piston bergerak ke bawah , campuran udara dan bensin yang berada di ruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk , karena ada reed valve (baca cara kerja reed valve pada postingan saya tentang reed valve ) .

  • Keterangan untuk kata yang di cetat miring . Artinya adalah campuran udara dan bensin yang sudah berada di atas piston , akibat gerak piston ke bawah pada saat langkah sebelumnya .

0 Response to "Cara Kerja Motor Bensin 2 Tak"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.