Mesin/motor
diesel (diesel engine) merupakan salah satu bentuk motor pembakaran
dalam (internal combustion engine) di samping motor bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut
dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya
diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Dilain pihak motor
bensin disebut motor penyalaan busi (spark ignition engine) karena
penyalaan bahan bakar diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi.
Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing)
bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Pada motor bensin campuran bahan bakar dan
udara melelui karburator dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala
listrik dari busi. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke
dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan
sampai mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa saat sebelum torak
mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam ruang
bakar. Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka
partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk
proses pembakaran. Agar bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka
diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ºC.
Meskipun untuk motor diesel tidak
diperlukan sistem pengapian seperti halnya pada motor bensin, namun dalam motor
diesel diperlukan sistem injeksi bahan bakar yang berupa pompa injeksi (injection
pump) dan pengabut (injector) serta perlengkapan bantu lain. Bahan
bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat dapat terbakar sendiri (self
ignition).
Secara singkat prinsip kerja motor diesel 4 tak adalah sebagai
berikut:
1.
Langkah isap, yaitu waktu torak
bergerak dari TMA ke TMB. Udara diisap melalui katup isap sedangkan katup buang
tertutup.
2.
Langkah kompresi, yaitu ketika
torak bergerak dari TMB ke TMA dengan memampatkan udara yang diisap, karena
kedua katup isap dan katup buang tertutup, sehingga tekanan dan suhu udara
dalam silinder tersebut akan naik.
3.
Langkah usaha, ketika katup
isap dan katup buang masih tertutup, partikel bahan bakar yang disemprotkan
oleh pengabut bercampur dengan udara bertekanan dan suhu tinggi, sehingga terjadilah
pembakaran. Pada langkah ini torak mulai bergerak dari TMA ke TMB karena
pembakaran berlangsung bertahap
4.
Langkah buang, ketika torak
bergerak terus dari TMA ke TMB dengan katup isap tertutup dan katup buang
terbuka, sehingga gas bekas pembakaran terdorong keluar.
Perbedaan utama mesin diesel dan mesin bensin
Motor diesel dan motor bensin mempunyai
beberapa perbedaan utama, bila ditinjau dari beberapa item di bawah ini, yaitu
(lihat Tabel 1)
Tabel 1. Perbedaan utama motor diesel dan motor bensin
Item
|
Motor Diesel
|
Motor Bensin
|
Ruang bakar
|
Rumit
|
Sederhana
|
Percampuran
bahan bakar
|
Diinjeksikan
pada akhir langkah
|
Dicampur dalam
karburator
|
Metode penyalaan
|
Terbakar sendiri
|
Percikan busi
|
Bahan bakar
|
Solar
|
Bensin
|
Getaran suara
|
Besar
|
Kecil
|
Efisiensi panas
(%)
|
30-40
|
22-30
|
Motor diesel juga mempunyai keuntungan dibanding motor bensin,
yaitu:
a)
Pemakaian bahan bakar lebih
hemat, karena efisiensi panas lebih baik, biaya operasi lebih hemat karena
solar lebih murah.
b)
Daya tahan lebih lama dan
gangguan lebih sedikit, karena tidak menggunakan sistem pengapian
c)
Jenis bahan bakar yang
digunakan lebih banyak
d)
Operasi lebih mudah dan cocok
untuk kendaraan besar, karena variasi momen yang terjadi pada perubahan tingkat
kecepatan lebih kecil.
Di samping itu motor diesel memiliki kerugian, yaitu:
a)
Suara dan getaran yang timbul
lebih besar (hampir 2 kali) daripada motor bensin. Hal ini disebabkan tekanan
yang sangat tinggi (hampir 60 kg/cm2) pada saat pembakaran
b)
Bobot per satuan daya dan biaya
produksi lebih besar, karena bahan dan konstruksi lebih rumit untuk rasio
kompresi yang tinggi
c)
Pembuatan pompa injeksi lebih
teliti sehingga perawatan lebih sulit
d)
Memerlukan kapasitas baterai
dan motor starter yang besar agar dapat memutar poros engkol dengan kompresi
yang tinggi.
0 Response to "Prinsip Kerja Mesin Diesel "
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.