Untuk
mendapatkan saat pemajuan yang diperlukan saat putaran engine naik,
distributor mempunyai mekanisme sentrifugal yang terdiri dari dua buah
pemberat yang mempunyai titik tumpu di bagaian bawah distributor. Kedua
pemberat ini ditahan pada dudukannya oleh pegas dan berputar dengan
sumbu distributor. Jika kecepatan putar naik, pemberat terlempar ke arah
luar (karena pengaruh gaya sentrifugal) melawan tarikan pegas dan
akhirnya memajukan bubungan kontak poin.
alah satu contoh Mekanisme Pemaju Pengapian jenis Sentrifugal.
Bubungan
dapat bergerak bebas pada poros distributor dan saat pemberat bergerak
ke arah luar akibat gaya sentrifugal, bubungan bergeser, atau berputar,
searah dengan perputaran poros. Hal ini membuat bubungan kontak poin
bersinggungan lebih cepat dengan kontak poin, dengan demikian terjadilah
pemajuan pengapian.
0 Response to "Pengendali/Pemaju Pengapian Sentrifugal"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.