Alternator berfungsi untuk  menghasilkan energi listrik bolak-balik 
untuk mengisi baterai dan mensuplai kebutuhan kelistrikan setiap 
komponen pada mobil. Pada penjelasan di awal, komponen ini dipilih 
daripada generator karena mampu menghasilkan energi listrik meskipun 
mesin dalam keadaan idle (standby). Untuk lebih memahaminya, silahkan 
baca uraiannya berikut.
1. Prinsip Dasar
1. Prinsip Dasar
- Hukum Faraday,"Bila sebuah konduktor digerakkan di dalam medan magnet, maka akan timbul arus induksi pada konduktor tersebut."
- Hukum Tangan Kanan Fleming,"Apabila sebuah penghantar bergerak keluar memotong garis gaya magnet, maka gaya gerak listrik akan mengalir dari kanan ke kiri. Arah gaya gerak listrik dapat diketahui dengan menggunakan hukum tangan kanan fleming dimana, jari telunjuk menunjukkan arah fluksi magnet, ibu jari menunjukkan arah gerakan konduktor, dan jari tengah menunjukkan arah arus induksi."
|  | 
| Hukum Faraday | 
|  | 
| Hukum Tangan Kanan Fleming | 
2. Besarnya Gaya Gerak Listrik
Bila perubahan medan magnet berlangsung dengan cepat maka gaya gerak 
listrik yang dibangkitkan pada kumparan akan semakin besar. Hubungan ini
 dapat dinyatakan dengan rumus :
3. Perbedaan Prinsip Kerja antara Alternator dan Regulator
- Generator membangkitkan arus listrik dengan cara memutarkan kumparan di dalam medan magnet.
- Alternator membangkitkan arus listrik dengan cara memutarkan magnet listrik (rotor coil) didalam kumparan (stator coil).
|  | 
| Generator | 
|  | 
| Alternator | 
4. Konstruksi Alternator
Keterangan :
- Pulley
- Cooling fan
- Drive end frame
- Stator core
- Stator coil
- Brush (sikat)
- Brush holder
- Rectifer
- Rear and frame
- Rotor coil
- Rotor core
5. Komponen Alternator
Rotor
Rotor berfungsi untuk membangkitkan medan magnet. Komponennya terdiri dari:
Stator berfungsi untuk membangkitkan arus listrik bolak-balik. Komponennya terdiri dari:
Pulley berfungsi untuk menerima tenaga mekanis dari mesin untuk 
memutarkan rotor. Rasio pulley alternator terhadap puley mesin adalah 
1,8-2,2 : 1
End Frame
End frame berfungsi untuk pemegang bagian-bagian alternator. Pada end 
frame terdapat lubang ventilasi untuk tempat mengalirnya udara 
pendingin.
Rectifier
Rectifier berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC. Recteiver 
terdiri dari 3 dioda positif, 3 dioda negatif, dan diode holder. Diode 
holder berfungsi untuk meradiasikan panas dan mencegah dioda panas.








0 Response to "Alternator"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.