Alternator

Alternator berfungsi untuk  menghasilkan energi listrik bolak-balik untuk mengisi baterai dan mensuplai kebutuhan kelistrikan setiap komponen pada mobil. Pada penjelasan di awal, komponen ini dipilih daripada generator karena mampu menghasilkan energi listrik meskipun mesin dalam keadaan idle (standby). Untuk lebih memahaminya, silahkan baca uraiannya berikut.

1. Prinsip Dasar
  • Hukum Faraday,"Bila sebuah konduktor digerakkan di dalam medan magnet, maka akan timbul arus induksi pada konduktor tersebut."
  • Hukum Tangan Kanan Fleming,"Apabila sebuah penghantar bergerak keluar memotong garis gaya magnet, maka gaya gerak listrik akan mengalir dari kanan ke kiri. Arah gaya gerak listrik dapat diketahui dengan menggunakan hukum tangan kanan fleming dimana, jari telunjuk menunjukkan arah fluksi magnet, ibu jari menunjukkan arah gerakan konduktor, dan jari tengah menunjukkan arah arus induksi."
Hukum Faraday
Hukum Tangan Kanan Fleming
2. Besarnya Gaya Gerak Listrik
Bila perubahan medan magnet berlangsung dengan cepat maka gaya gerak listrik yang dibangkitkan pada kumparan akan semakin besar. Hubungan ini dapat dinyatakan dengan rumus :
3. Perbedaan Prinsip Kerja antara Alternator dan Regulator
  • Generator membangkitkan arus listrik dengan cara memutarkan kumparan di dalam medan magnet.
  • Alternator membangkitkan arus listrik dengan cara memutarkan magnet listrik (rotor coil) didalam kumparan (stator coil).
Generator
Alternator
4. Konstruksi Alternator


Keterangan :
  1. Pulley
  2. Cooling fan
  3. Drive end frame
  4. Stator core
  5. Stator coil
  6. Brush (sikat)
  7. Brush holder
  8. Rectifer
  9. Rear and frame
  10. Rotor coil
  11. Rotor core
5. Komponen Alternator
Rotor
Rotor berfungsi untuk membangkitkan medan magnet. Komponennya terdiri dari:
  1. rotor coil
  2. rotor core
  3. slip ring
  4. rotor shaft
Stator
Stator berfungsi untuk membangkitkan arus listrik bolak-balik. Komponennya terdiri dari:
  1. stator coil
  2. stator core
Pulley
Pulley berfungsi untuk menerima tenaga mekanis dari mesin untuk memutarkan rotor. Rasio pulley alternator terhadap puley mesin adalah 1,8-2,2 : 1
End Frame
End frame berfungsi untuk pemegang bagian-bagian alternator. Pada end frame terdapat lubang ventilasi untuk tempat mengalirnya udara pendingin.
Rectifier
Rectifier berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC. Recteiver terdiri dari 3 dioda positif, 3 dioda negatif, dan diode holder. Diode holder berfungsi untuk meradiasikan panas dan mencegah dioda panas.

0 Response to "Alternator"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.