Fakta Ilmiah Dibalik Ibadah Puasa

Bagi anda yang beragama Islam pasti sudah tidak asing dengan puasa Ramdhan . Ya , puasa ramadhan termasuk dalam satu rukun Islam . Banyak orang-orang yang masih saja melalaikan kewajiban ibadah puasa dengan berbagai macam alasan , salah satunya alasan kesehatan . Banyak yang menganggap puasa bisa membuat tubuh lemah dan bahkan menyebabkan sakit .

Fakta Ilmiah Dibalik Ibadah Puasa


Pandangan tersebut justru keliru , karena faktanya ibadah puasa dapat memberikan banyak manfaat , dan hal ini telah dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti . Beberapa manfaat ibadah puasa diantaranya :

  1. Ibadah puasa dapat dijadikan sebagai sarana pencegahan berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh kebiasaan makan yang berlebih dan tidak terkontrol . Puasa secara rutin di bulan ramadhan dapat membuat tubuh tetap sehat . Selain itu puasa juga dapat menjadi media terapis menghindari penyakit yang ganas dan kronis .
  2. Dengan berpuasa , seseorang dapat meningkatkan performa dan kualitas alat vitalnya . Puasa juga dapat meremajakan komponen-komponen sel dasar sehingga menjadikan sesorang memiliki kekebalan tubuh yang baik .
  3. Bagi anak muda yang masih labil dan terkadang memilki emosi membara , puasa juga dapat dijadikan sebagai penekan gejolak-gejolak emosi tersebut . Karena berpuasa terbukti bisa menjadikan sesorang lebih tenang dan tentram dalam hidupnya .
  4. Anabolisme dan katabolisme akan diproses sekaligus jika anda rajin berpuasa . Sehingga pasokan glukosa akan berjalan baik dan kinerja otak semakin lancar .
Pada dasarnya berpuasa tidak akan memberikan dampak buruk pada tubuh . Hal-hal yang menyulitkan seperti perasaan lapar yang berlebih sebenarnya terjadi karena kebiasaan makan yang tidak teratur dan menyalahi aturan . 

Seiring dengan teknologi yang semakin maju , hakikat puasa semakin terungkap bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu mukjizat ilmiah dan sebagai salah satu kebutuhan humanis manusia . Fakta-fakta menarik dan bermanfaat lain dari berpuasa akan semakin terkuak dengan majunya ilmu pengetahuan manusia . Puasa juga dapat dikaitkan dengan beberapa penelitian para ahli tentang hukum-hukum penciptaan .

Bagi anda yang ingin hidup sehat terutama yang beragama Islam , dianjurkan untuk rutin melakukan puasa , atau setidaknya melakukan ibadah puasa wajib pada bulan Ramadhan . Selain menambah pahala , penelitian ilmiah membuktikan puasa dapat memberi berbagai dampak positive bagi tubuh anda .

5 Responses to "Fakta Ilmiah Dibalik Ibadah Puasa"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.