Tips Melamar Kerja Secara Online

Tips melamar kerja secara online - Dengan kemudahan teknologi saat ini banyak sekali hal yang dapat dilakukan dengan internet, salah satunya adalah untuk mencari pekerjaan impian. Namun, dalam setiap hal tentunya terdapat kelebihan dan kekurangannya, demikian juga halnya dengan kemudahan teknologi , jangan sampai disalahgunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari pekerjaan di internet dengan menggunakan media rekrutmen online.

Kelebihan Media Rekrutmen Online:

  • Mudah dan Cepat , cukup dengan koneksi internet, tanpa harus mengunjungi perusahaan Anda sudah dapat melamar pekerjaan yang diinginkan dengan jumlah yang tak terbatas.
  • Gratis dan Tidak terbatas, tidak ada biaya atau ongkos kirim surat lamaran, copy dokumen dan lainnya, cukup dengan akses internet saja sudah dapat melamar dari mana saja dan kapan saja
  • Up to date, melalui media online Anda akan mendapatkan info lowongan pekerjaan terbaru setiap harinya melalui email.

Kekurangan Media Rekrutmen Online:

  • Lowongan Fiktif , banyaknya iklan lowongan kerja yang tidak mencantumkan perusahaan yang jelas, atau yang tidak memiliki ijin usaha resmi dengan tujuan untuk mencari keuntungan dari pencari kerja dengan berbagai cara seperti menarik bayaran dan menawarkan lowongan pekerjaan yang sebenarnya tidak ada.
  • Kerahasiaan, adanya penyalahgunaan data CV yang digunakan oleh pihak tertentu untuk menawarkan barang atau jasa

Berikut adalah tips untuk berburu pekerjaan secara online:

  • Terpercaya, pastikan hanya menggunakan media rekrutmen online tertentu yang memiliki kredibilitas terpercaya untuk mendaftarkan CV Anda .
  • Cek dan Ricek, perhatikan iklan lowongan yang ditayangkan di media rekrutmen online yang dipilih, pastikan iklan lowongan tersebut berasal dari perusahaan yang berkualitas dan memiliki nama perusahaan yang jelas, banyak iklan lowongan yang ditayangkan tanpa memberikan informasi perusahaan yang jelas, hati-hatilah!
  • Lengkap, pada saat Anda mendaftarkan CV Anda secara online, pastikan mengisi dengan lengkap seperti layaknya Anda membuat CV hardcopy, semua informasi mengenai diri Anda harus tercantum sehingga Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan panggilan interview dan mendapatkan informasi lowongan yang sesuai. Pelajari profil dari perusahaan sebelum kamu melamar suatu pekerjaan
  • Melamar, pada saat melamar pekerjaan, jangan asal klik. Pastikan anda melamar pekerjaan sesuai dengan latar belakang, keahlian, minat dan pengalaman Anda, karena melamar kerja secara asal-asalan akan mengakibatkan perusahaan menilai Anda tidak serius dalam mencari pekerjaan.
Berhati-hatilah dan Laporkan
  • Biaya, Jika perusahaan meminta bayaran pada saat proses seleksi lamaran atau training
  • Penyalahgunaan, Jika perusahaan memanggil interview yang kemudian menawarkan multi level marketing atau menjual dan menawarkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan iklan lowongan yang dipasang.
  • Tidak Sesuai, Lowongan yang ditawarkan tidak sesuai dengan iklan yang dipasang, jabatan yang tidak sesuai ataupun profil perusahaan yang tidak jelas.
  • Email, perusahaan harusnya memiliki email resmi perusahaan, jika perusahaan menggunakan email umum (seperti yahoo, hotmail, gmail dll), cek kembali profil perusahaan tersebut, dengan kecanggihan teknologi sangatlah mudah untuk mendapatkan informasi suatu perusahan .

0 Response to "Tips Melamar Kerja Secara Online"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.