Modul Alat Berat Merawat Unit/ Machine Harian

Modul Merawat Unit/ Machine Harian dengan kode ABMR 020.01- 1.A berisi materi dan informasi tentang prosedur perawatan dan pemeriksaan engine sebelum, sambil dan sesudah dioperasikan, termasuk prosedur pengoperasian unit/ machine. Selain itu diuraikan informasi tentang keselamatan kerja dalam pengoperasian alat berat. Materi diuraikan dengan pendekatan praktis disertai ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami bahasan yang disampaikan.

Modul ini disusun dalam 5 kegiatan belajar, setiap kegiatan belajar berisi materi, dan diakhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materai, dilanjutkan tes formatif. Setiap siswa harus mengerjakan test tersebut sebagai indikator penguasaan materi, jawaban test kemudian diklarifikasi dengan kunci jawaban. Guna melatih keterampilan dan sikap kerja yang benar setiap siswa dapat berlatih dengan pedoman lembar kerja yang ada.

Di akhir modul terdapat evaluasi sebagai uji kompetensi siswa. Uji kompetensi dilakukan secara teroritis dan praktik. Uji teoritis dengan siswa menjawab pertanyaan yang pada soal evaluasi, sedangkan uji praktik dengan meminta siswa mendemontrasikan kompetensi yang harus dimiliki dan guru/instruktur menilai berdasarkan lembar observasi yang ada. Melalui evaluasi tersebut dapat diketahui apakah siswa mempunyai kompetensi pengujian, Merawat Unit/Machine Harian dengan sub kompetensi:

  1. Perawatan keliling sebelum Engine start (semua unit alat berat)
  2. Pemeriksaan Engine dihidupkan
  3. Pemeriksaan unit sambil dioperasikan
  4. Menghidupkan dan mematikan engine
  5. Mengoperasikan dan memarkir unit/machine
Siswa dapat melanjutkan ke modul berikutnya bila memenuhi kriteria kelulusan.

Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

1 Response to "Modul Alat Berat Merawat Unit/ Machine Harian"

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.