Jangan Sampai Kewalahan Atur Waktu Kuliah

Siswa SMA mengikuti try out SNMPTN. (Foto: Runi S/Okezone)  
Passion Seharusnya menjadi alasan utama kita dalam memilih jurusan kuliah. Pertimbangan lainnya adalah pada keahlian apa yang paling kita kuasai dan lokasi. Selain itu, hal teknis lain dalam pertimbangan memilih jurusan kuliah adalah biaya dan beban studi yang nantinya kita hadapi.

Beban studi yang berat kerap kali memaksa seseorang bekerja lebih keras, atau malah mengundurkan diri dan berganti jurusan kuliah. Hal ini lumrah terjadi. Namun, memiliki pilihan jurusan kuliah yang mantap sejak awal akan lebih baik. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih jurusan kuliah, seperti dilansir Scholarships.com, Kamis (3/1/2013).

Bagaimana saya akan membayar kuliah?

Jika orangtua sanggup membiayai kuliah kita, tentu kita tidak terlalu dipusingkan dengan urusan biaya. Tetapi lain halnya jika perekonomian keluarga kita pas-pasan. Kita pun harus putar otak agar tetap dapat menempuh kuliah.

Beasiswa menjadi salah satu jawabannya. Sebagian besar kampus menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya. Selain itu, banyak yayasan menggelontorkan beasiswa bagi pelajar tidak mampu. Cari tahu  informasi detail tentang berbagai beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa. Beberapa yayasan hanya akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari kampus-kampus mitra.

Seperti apa beban kuliahnya?

Beban kuliah, khususnya pada jurusan tertentu, bisa menjadi faktor penting, terutama jika kita harus bekerja sambil kuliah. Perkuliahan di beberapa jurusan bisa jadi lebih memakan waktu ketimbang jurusan lainnya, terutama jika jurusan pilihan kita itu tidak sesuai dengan kemampuan alami kita.

Bicara dengan senior

Meski telah memiliki pilihan jurusan yang dirasa cocok, tidak ada salahnya jika kita berbicara dengan para senior yang telah memilih jurusan tersebut. Berbekal pengalaman, para senior ini mungkin dapat menjawab berbagai pertanyaan tentang jurusan incaran kita itu dengan lebih spesifik.

Ditambah lagi, mereka juga bisa memberikan informasi tentang kurikulum, beban kuliah, dan berbagi cerita pengalaman mencari kerja usai lulus. Bisa jadi, gelar sarjana dalam satu bidang mempermudah proses pencarian kerja. Sementara di sisi lain, gelar dalam bidang tertentu mungkin menjadi penghambat awal karier seseorang.

Kesempatan karier

Tidak semua jurusan setara dalam jenjang pendidikan. Ketika menyelesaikan studi, kampus tidak menjanjikan sebuah pekerjaan. Ketika memilih satu jurusan, akan lebih bijak jika kita mencari tahu statistik penerimaan kerja bagi para lulusan di bidang tersebut.

Jika karier tertentu adalah alasan kita mengambil suatu jurusan kuliah, maka selidikilah kesuksesan orang-orang dalam bidang yang kita tekuni.  Jika kita ingin menghindari pekerjaan memasukkan data, maka cari tahulah semua peluang karier yang tersedia setelah kita lulus kuliah.

0 Response to "Jangan Sampai Kewalahan Atur Waktu Kuliah"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.