5 Penemuan Terbaik Gemparkan Jagad Sains di 2012

Para ilmuwan tak pernah lelah untuk menerobos batas-batas pengetahuan manusia dengan sejumlah  temuannya. Mereka pun berhasil membuat kejutan dengan memecahkan misteri atau bahkan menyingkap misteri baru di alam semesta.

Berikut sejumlah temuan "spektakuler" sepanjang 2012 yang dilansir Okezone.com dari Softpedia, Rabu (2/1/2013). 

Penyelaman James Cameron di Palung Mariana Ungkap Misteri Asal-usul Kehidupan
Maret 2012, James Camerro mengeksplorasi Palung Mariana di kedalaman 10.900 meter. Beberapa bulan kemudian, ia pun berbagi kisah soal perjalanannya ke komunitas ilmiah dan berpendapat bahwa mikroba di bawah laut memiliki potensi untuk menjelaskan bagaimana munculnya kehidupan di Bumi.

HIV Digunakan untuk Menyembuhkan Kanker
Seorang gadis 7 tahun berhasil mengatasi leukimia dengan bantuan HIV -- virus penyebab AIDS. Guna menyembuhkan penyakit leukimia gadis ini, para ilmuwan menggunakan sel dari virus HIV yang dirubah dan menyuntikan jutaan T-cell -- sejenis darah putih dengan gen baru -- ke Emma. Dan akhirnya T-cell berhasil menghancurkan kanker tersebut.

Curiosity Mendarat di Mars
Pada 6 Agustus 2012, NASA Curiosity Rover mendarat di Mars, tak lama berselang kendaraan tersebut berhasil meringkus sejumlah lingkungan di Mars untuk dikirim ke Bumi."Kendaraan Curiosity NASA telah mendarat di Mars!," kata NASA.

Curiosity menghabiskan waktu sekira lebih dari sembilan bulan dan menempuh jarak sejauh 352 juta mil. Sesampainya di Mars, Curiosity memelajari apakah lingkungan Mars pernah memiliiki kondisi yang cocok untuk kehidupan bakteri mikrobial.

Rekor Teleportasi Kuantum Terpecahkan
European Space Agency (ESA) pada September 2012 berhasil memecahkan rekor untuk teleportasi kuantum. Para ilmuwan yang berasal dari Austria, Kanada, Jerman, dan Norwegia menempatkan dua foton-- partikel energi yang membawa cahaya --  yang terletak berjauhan dan dibelit dengan kuantum.

Hasilnya, akibat kuantum mentransfer energi elektromagnetik, objek di salah satu foto dapat berpindah ke tempat yang lain. Dengan pencapaian ini, peneliti berharap dapat melakukan teleporting partikel ke satelit di luar angkasa. 

Penemuan Partikel Tuhan
Higs Bosson atau Partikel Tuhan yang dicari selama beberapa dekade terakhir diklaim telah ditemukan. Para ilmuwan percaya bahwa 99 persen bahwa partikel baru yang ditemukan ialah Partikel Tuhan. Penemuan partikel ini diumumkan oleh para peneliti yang bekerja di Large Hadron Collider pada Juli 2012, usai pencarian selama sekira lima dekade.

Sementara informasi lebih lanjut mengenai temuan ini akan dipublikasikan ke masyarakat umum pada musim semi mendatang. Mampukah temuan ini memberikan pengaruh yang cukup signifikan? Kita tunggu saja.

1 Response to " 5 Penemuan Terbaik Gemparkan Jagad Sains di 2012 "

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.