UNS Bentuk Pusat Unggulan PT Indonesia-Jerman

Ilustrasi: peneliti sedang menguji kandungan mutu air. (Foto: Andika Pradipta/Okezone) 
 
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membentuk pusat unggulan kerjasama perguruan tinggi Indonesia - Jerman. Pusat unggulan tersebut akan memfokuskan kegiatan dalam bidang air, struktur dan energi terbarukan dan dinamai Institute of Water, Structure and Renewable Energy (IWSrE).

"Rancangan pusat unggulan itu merupakan hasil pertemuan antara tim UNS dengan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) pada 20 November 2012 lalu di KIT, Jerman. Dan akan diresmikan pada 11 Maret 2013 di UNS mendatang," kata Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS kepada wartawan di ruang sidang Rektor UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (26/11/2012).

Ravik mengatakan, pusat unggulan itu nantinya akan bergerak dalam bidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang akademik, kerjasama yang akan dilakukan dalam bentuk program kerjasama pendidikan, pertukaran dosen/mahasiswa, dan kerjasama pembimbingan tesis atau disertasi. "Beberapa guru besar dalam KIT telah bersedia menjadi guru besar tamu dan sebagai pembimbing program doktor," jelasnya.

Dalam menjalankan pusat unggulan tersebut, menurut Ravik, pemerintah Jerman akan memberikan bantuan finansial melalui Kementerian Pendidikan Jerman, sedangkan dari pihak Indonesia, bantuan finansial akan diberikan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan skema anggaran Debt Swap II dan Kementerian Pekerjaan Umum.
 
 

0 Response to "UNS Bentuk Pusat Unggulan PT Indonesia-Jerman"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.