Tumbuhkan Sportivitas di Dunia Kerja, Ini Tipsnya!

Kompetisi dalam dunia kerja tidak dapat terhindarkan. Namun, dalam iklim kompetisi yang kuat, kita tetap harus mengedepankan persaingan yang sehat. Sikap sportif menjadi hal wajib yang dijunjung tinggi.  

Bersikap sportif tidak hanya diperlukan dalam dunia olahraga. Menjunjung tinggi sportivitas dalam dunia kerja akan mendatangkan banyak manfaat bagi kita. Selain dapat mengembangkan potensi diri dan karier, sikap ini juga akan menjadi nilai tambah kita di mata rekan kerja dan atasan.

Untuk menghadapi persaingan di dunia kerja, terdapat beberapa sikap yang harus kita laksanakan. Berikut sejumlah sikap yang perlu kita lakukan dalam menghadapi persaingan di kantor, seperti dikutip dari buku Anak Bawang Cari Peluang.

Unggul
Layaknya sebuah permainan, maka akan ada yang kalah dan yang menang. Sekalipun seri, pasti ada yang lebih unggul. Untuk menjadi orang yang unggul, kita harus memahami aturan main yang ada di perusahaan, baik yang tertulis maupun tidak. Kemudian, jalankan semua konsep tersebut dengan sikap sportif.

Tahan banting
Untuk menjadi seorang juara, maka dibutuhkan mental yang tahan banting. Kegagalan dalam perjuangan itu biasa. Namun, yang membuat kita berbeda adalah ketika kita mampu bangkit dan tidak menyerah kalah begitu saja. Selalu tanamkan dalam diri untuk terus berkompetisi tanpa harus "menusuk teman dari belakang."

Kerjasama
Meski berada dalam persaingan yang kuat dan ingin menonjolkan kemampuan pribadi, sikap mau kerjasama tetap diperlukan. Apalagi ketika kita tidak ragu membantu teman yang kesulitan. Percayalah, sikap seperti ini akan mendapat perhatian lebih dari sesama rekan kerja maupun atasan dibandingkan hanya fokus pada keberhasilan individu.

Tenggang rasa
Sikap saling menghormati mutlak ada dalam suatu lingkungan kerja. Sikap ini menjadi bentuk kita menghargai perbedaan atas kelemahan dan kekuatan yang dimiliki. Dengan menerapkan sikap tenggang rasa, bukan hanya menumbuhkan sportivitas dalam diri tapi juga mengajak orang lain untuk menerapkan hal serupa.

Jujur
Ketika menemukan kegagalan dalam suatu pekerjaan, mulailah dengan mencari kesalahan pada diri sendiri dan bukan melimpahkan kepada orang lain. Jangan malu untuk mengakui kesalahan yang memang kita lakukan. Namun, carilah cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Tulus
Jangan pernah merasa iri akan keberhasilan orang lain. Tapi, jadikanlah itu sebagai cambuk bagi kita untuk terus mengejar kesuksesan yang kita inginkan. Berilah ucapan selamat kepada kesuksesan rekan kerja secara tulus bukan hanya 'topeng' pergaulan di balik sifat iri.

Kemenangan akan terasa lebih indah ketika kita meraihnya dengan sportif. Dengan menerapkan sikap sportif, artinya kita siap menerima keberhasilan tanpa perlu merasa besar kepala serta mampu menerima kekalahan dengan lapang dada tanpa rasa frustasi.


0 Response to "Tumbuhkan Sportivitas di Dunia Kerja, Ini Tipsnya!"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.