Bestmechanic.blogspot.com-Elektroda busi harus dipertahankan pada suhu kerja yang tepat, yaitu
antara 4000C sampai 8000C. Bila suhu elektroda tengah kurang dari 4000C,
maka tidak akan cukup untuk membakar endapan karbon yang dihasilkan
oleh pembakaran sehingga karbon tersebut akan melekat pada permukaan
insulator, sehingga akan menurunkan tahanan dengan rumah-nya. Akibatnya,
tegangan tinggi yang diberikan ke elektroda tengah akan menuju ke massa
tanpa meloncat dalam bentuk bunga api pada celah elektroda, sehingga
mengakibatkan tarjadinya kesalahan pembakaran (misfiring).
Bila suhu elektroda tengah melebihi 8000C, maka akan terjadi peningkatan
kotoran oksida dan terbakarnya elektroda tersebut. Pada suhu 9500C
elektroda busi akan menjadi sumber panas yang dapat membakar campuran
bahan bakar tanpa adanya bunga api, hal ini disebut dengan istilah
pre-ignition yaitu campuan bahan bakar dan udara akan terbakar lebih
awal karena panas elektroda tersebut sebelum busi bekerja memercikkan
bunga api (busi terlalu panas sehingga dapat membakar campuran dengan
sendirinya). Jika terjadi pre-ignition, maka daya mesin akan turun,
karena waktu pengapian tidak tepat dan elektroda busi atau bahkan piston
dapat retak, leleh sebagian atau bahkan lumer.
Busi yang ideal adalah busi yang mempunyai karakteristik yang dapat
beradaptasi terhadap semua kondisi operasional mesin mulai dari
kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi. Seperti disebutkan di atas
busi dapat bekerja dengan baik bila suhu elektroda tengahnya sekitar
4000C sampai 8000C. Pada suhu tersebut karbon pada insulator akan
terbakar habis. Batas suhu operasional terendah dari busi disebut dengan
self-cleaning temperature (busi mencapai suhu membersihkan dengan
sendirinya), sedangkan batas suhu tertinggi disebut dengan istilah
pre-ignition.
Grafik batas suhu operasional busi
yang baik antara 450 oC sampai 800 oC
yang baik antara 450 oC sampai 800 oC
0 Response to "Tingkat Panas Busi"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.