Suriah Gunakan Rudal Buatan Iran

Pemerintah Suriah pimpinan Presiden Bashar al-Assad diketahui menembakkan rudal buatan Iran minggu ini. Rudal bernama Fateh A-110 itu diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik daripada rudal Scud yang sebelumnya digunakan rezim Assad.

Rudal buatan Iran tersebut dilaporkan memiliki jarak jangkauan yang lebih pendek daripada rudal Scud. Namun rudal Fateh dianggap lebih akurat jika dibandingkan dengan rudal Scud.

Saat ini rezim Assad di Suriah memang seringkali menggunakan rudal balistik untuk menggempur basis-basis pejuang oposisi. Penggunaan rudal balistik tersebut dikecam oleh dunia internasional karena dapat menimbulkan banyak korban dari kalangan sipil yang tidak bersalah.

Penggunaan rudal balistik juga membuat khawatir negara-negara tetangga Suriah. Mereka takut rudal Scud yang tidak akurat itu memasuki wilayahnya yang berbatasan dengan Suriah.

Awal Desember ini negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menyetujui penempatan sistem anti rudal Patriot di wilayah perbatasan Turki dengan Suriah Penempatan rudal Patriot tersebut bertujuan melindungi wilayah Turki dari serangan rudal yang berasal dari Suriah.

“Fakta bahwa pemerintah Suriah menggunakan rudal balistik dalam konfliknya dengan pihak oposisi menunjukkan pentingnya penempatan rudal Patriot milik NATO di Turki,” ujar salah satu pejabat, seperti dikutip CNN, Sabtu (29/12/2012).

Konflik di Suriah sendiri telah berlangsung sejak Maret 2011 lalu dan telah memakan setidaknya 45 ribu korban jiwa. Amerika Serikat (AS) sendiri menduga pemerintah Suriah menggunakan rudal Balistik untuk mengurangi kerja pesawat tempurnya yang beberapa kali berhasil ditembak jatuh oleh pejuang oposisi.


0 Response to "Suriah Gunakan Rudal Buatan Iran"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.