Sistem pengapian CDI ini menggunakan arus yang bersumber dari baterai. Prinsip dasar CDI-DC adalah seperti gambar di bawah ini:
Berdasarkan gambar di atas dapat dijelaskan bahwa baterai memberikan
suplai tegangan 12V ke sebuah inverter (bagian dari unit CDI). Kemudian
inverter akan menaikkan tegangan menjadi sekitar 350V. Tegangan 350V ini
selanjutnya akan mengisi kondensor/kapasitor. Ketika dibutuhkan
percikan bunga api busi, pick-up coil akan memberikan sinyal elektronik
ke switch (saklar) S untuk menutup. Ketika saklar telah menutup,
kondensor akan mengosongkan (discharge) muatannya dengan cepat melalui
kumparan primaer koil pengapian, sehingga terjadilah induksi pada kedua
kumparan koil pengapian tersebut.
Jalur kelistrikan pada sistem pengapian CDI dengan sumber arus DC ini adalah arus pertama kali dihasilkan oleh kumparan pengisian akibat putaran magnet yang selanjutnya disearahkan dengan menggunakan Cuprok (Rectifier) kemudian dihubungkan ke baterai untuk melakukan proses pengisian (Charging System). Dari baterai arus ini dihubungkan ke kunci kontak, CDI unit, koil pengapian dan ke busi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :
Cara kerja sistem pengapian CDI dengan arus DC yaitu pada saat kunci
kontak di ON-kan, arus akan mengalir dari baterai menuju sakelar. Bila
sakelar ON maka arus akan mengalir ke kumparan penguat arus dalam CDI
yang meningkatkan tegangan dari baterai (12 Volt DC menjadi 220 Volt
AC). Selanjutnya, arus disearahkan melalui dioda dan kemudian dialirkan
ke kondensor untuk disimpan sementara. Akibat putaran mesin, koil pulsa
menghasilkan arus yang kemudian mengaktifkan SCR, sehingga memicu
kondensor/kapasitor untuk mengalirkan arus ke kumparan primer koil
pengapian. Pada saat terjadi pemutusan arus yang mengalir pada kumparan
primer koil pengapian, maka timbul tegangan duksi pada kedua kumparan
yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder dan menghasilkan loncatan
bunga api pada busi untuk melakukan pembakaran campuran bahan bakar dan
udara.
0 Response to "Sistem Pengapian CDI-DC"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.