Tenaga (torque) yang digunakan untuk menggerakkan roda kendaraan
dihasilkan oleh gerakan batang torak dan diubah menjadi gerak putar pada
poros engkol. Poros engkol menerima beban yang besar dari torak dan
batang torak serta berputar pada kecepatan tinggi. Dengan alas an
tersebut poros engkol umumnya dibuat dari baja carbon dengan tingkatan
serta mempunyai daya tahan yang tinggi.
Crank Journal ditopang oleh bantalan poros engkol (crankshaft bearing)
pada crankcase dan poros engkol berputar pada journal. Masing-masing
crank journal mempunyai crank arm, atau arm dan crankpin letaknya
dibagian ujung armnya. Crankpin terpasang pada crankshaft tidak satu
garis (offset) dengan porosnya. Counter balance weight dipasangkan
seperti pada gambar untuk menjamin keseimbangan putaran yang ditimbulkan
selama mesin beroperasi. Poros engkol dilengkapi lubang oli untuk
menyalurkan oli pelumasan pada crank journal, bantalan batang torak,
pena torakn dan lain-lain.
0 Response to "Poros Engkol"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.