Pengertian dan Fungsi Katup Ekspansi

Fungsi dan Pengertian Katup Ekspansi - Katup ekspansi atau ekspansi valve merupakan komponen ac mobil yang berfungsi untuk menurunkan suhu dan tekanan refrigerant atau freon ac mobil pada sirkulasi ac mobil. 
 
Katup Ekspansi Ac mobil dengan Sensor Panas

Katup ekspansi berada di saluran masuk sebelum evaporator karena tugas katup ekspansi ini untuk mengabutkan freon bertekanan tinggi yang datang dari kompressor,kondensor dan receiver drier.


 
Katup Ekspansi tipe Orifice Pada Opel Blazer


Katup ekspansi yang terdapat di ac mobil terdapat bermacam-macam bentuk. Sedangkan jenis katup ekpansi ini ada dua macam yaitu tipe dengan sensor panas dan tipe orifice tube.

Katup ekspansi dengan sensor panas jenis terbaru adalah expansi valve tipe box yang banyak diterapkan pada mobil di Indonesia seperti mobil-mobil Toyota, sedangkan katup expansi valve tipe orifice tube yang memiliki saluran lubang tetap dan tidak terdapat pengaturan atau sensor suhu biasa di temukan pada mobil seperti contoh opel blazer.
 
 

1 Response to "Pengertian dan Fungsi Katup Ekspansi "

  1. kalau katup ekspansi udah lemah apa berakibat ac mobil nggak bisa dingin ..???

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.