Home » , » MESIN ROTARY ( WANKEL ENGINES)

MESIN ROTARY ( WANKEL ENGINES)

Written By Tika penghibur on Friday, 7 December 2012 | 19:39

Berbeda dengan mesin sebelumnya mesin ini tidak menggunakan torak sebagai penggerak/ penerus daya hasil pembakaran, melainkan menggunakan ROTOR DENGAN TIGA SISI. Mesin ini dikategorikan mesin empat langkah karena proses kerjanya sama meliputi langkah  hisap, kompresi, usaha dan buang. Pertama ditemukan oleh Felix Wankel, kendaraan yang masih mempertahankan mesin ini hingga kini adalah mazda RX dan mersedez sport.
 
Rotor berputar secara eksentirk membentuk ruang bakar yang digerakan oleh roda gigi penggerak pusat (internal gear). Efektifitas dari rotor ini sangat baik, karena rotor bersatu dengan tiga ruang pembakaran pada saat rotor berputar.
Desain motor rotary sangat kompak, karena lebih sedikit bagian yang bergerak bolak-balik dan mengakibatkan berkurangnya pula getaran yang timbul. Secara prinsip motor ini baik namun mempunyai kekurangan yaitu: konsumsi bahan bakar yang boros, jarangnya spare parts yang tersedia di pasar, dan seal rotor yang kurang awet. Motor ini tidak diproduksi secara masal.

1 comments:

  1. ahh ada ada saja pengetahuannya rumit

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.

 
Support : BestMechanic.blogspot.com | Otomotif | Tips
| Berita
Copyright © 2013. BEST MECHANIC - All Rights Reserved
Template Modify by BestMechanic.blogspot.com
Proudly powered by Google.co.id