Berbeda dengan mesin sebelumnya
mesin ini tidak menggunakan torak sebagai penggerak/ penerus daya hasil
pembakaran, melainkan menggunakan ROTOR DENGAN TIGA SISI. Mesin
ini dikategorikan mesin empat langkah karena proses kerjanya sama meliputi
langkah hisap, kompresi, usaha dan
buang. Pertama ditemukan oleh Felix Wankel, kendaraan yang masih mempertahankan
mesin ini hingga kini adalah mazda RX dan mersedez sport.
Rotor berputar secara
eksentirk membentuk ruang bakar yang digerakan oleh roda gigi penggerak pusat (internal gear). Efektifitas dari rotor
ini sangat baik, karena rotor bersatu dengan tiga ruang pembakaran pada saat
rotor berputar.
Desain motor rotary sangat
kompak, karena lebih sedikit bagian yang bergerak bolak-balik dan mengakibatkan
berkurangnya pula getaran yang timbul. Secara prinsip motor ini baik namun
mempunyai kekurangan yaitu: konsumsi bahan bakar yang boros, jarangnya spare parts yang tersedia di pasar, dan
seal rotor yang kurang awet. Motor ini tidak diproduksi secara masal.
ahh ada ada saja pengetahuannya rumit
ReplyDelete