Karakteristik Khusus yang Dicari Saat Job Interview

Tujuan dari wawancara kerja atau job interview adalah menyaring calon karyawan yang memang layak dan memiliki kompetensi di bidangnya, untuk menyelesaikan pekerjaan seperti yang ditawarkan sebuah perusahaan.

Pewawancara pun harus jeli dan teliti menilai calon karyawannya, mulai  dari penampilan, sikap dan perilaku sampai karakteristiknya. Tidak hanya itu, pihak perusahaan pasti menginginkan orang yang berkualitas, seperti kemampuan dan juga kepribadian.

Kenapa pewawancara ingin tahu tentang kepribadian kita? Dalam hal ini karena karakteristik penting dan menentukan sikap, perilaku , pola pikir dan tindakan seseorang.

Nah, supaya kita termasuk kategori pekerja yang dicari perusahaan, Yonkie Jalu Paksi dalam bukunya 13 Pertanyaan Jebakan Wawancara Kerja, mengulik apa saja karakteristik yang dicari perusahaan dalam wawancara kerja. Yuk, simak ulasannya di bawah ini :

1. Bersemangat
Seorang karyawan diharapkan memiliki semangat dalam bekerja, melalui semangat bekerja akan menghasilkan kinerja yang maksimal.

2. GigihKegigihan sama dengan keteguhan, berarti pantang menyerah ketika menghadapi masalah yang sulit. Kegigihan penitng dalam dunia kerja, karena masalah yang dihadapi selalu berganti dan levelnya berbeda.

3. EnerjikOrang yang enerjik, yaitu orang yang berusaha ekstra keras menyelesaikan pekerjaan, sekalipun menghadapi tantangan besar.

4. Memilki motivasiSalah satu motivasi yang sering dicari perusahaan dalam diri calon karyawan adalah sanggup bekerja ekstra keras.

5. Percaya diriKepercayaan diri memang penting dalam konteks menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan secara individual.

6. Dapat dipercayaKaryawan yang bisa dipercaya, tidak keberatan bila diminta pihak manajemen untuk menjelaskan langkah-langkah ditempuh untuk menyelesaikan pekerjaannya.
 
7. Jujur dan memilki integritasKaryawan yang jujur dan berintegritas mau mengakui kesalahan yang dilakukannya serta berjanji untuk tidak mengulanginya.
 
8. Mampu berkomunikasiSeorang karyawan diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan semua orang.

9. Supel dan mudah bergaulKemampuan bergaul dan bersikap supel dengan orang lain sangat penting, karena ternyata kesuksesan bisnis tergantung pada kemampuan ini.

10. Bangga pada hasil kinerja dan prestasiYaitu kebiasaan untuk selalu memastikan bahwa pekerjaan telah diselesaikan dengan segenap kemampuan.

11. BerdedikasiMemilki kemampuan untuk menyelasaikan semua pekerjaan secara tepat waktu.

12. Bertanggung jawabOrang yang bertanggungjawab atas pekerjaannya, berarti berusaha menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan sesuatu permintaan perusahaan.

13. Memilki kemampuan analitisSeorang karyawan juga dituntut jeli melihat peluang dan perubahan pasar, karena roda perusahaan bergulir pada kisaran permintaan dan penjualan pasar.

14. Mampu mendengarkan dan memahamiCalon karyawan tidak hanya dituntut cakap berbicara, tetapi juga mampu mendengarkan dan memahami pembicaraan orang lain.
 
15. Bertindak sesuai prosedur

Dalam tes, pewawancara menguji calon karyawan, apakah dia memilki tipe penurut atau pemberontak. Memang perusahaan lebih memilih karyawan tipe penurut , karena diharapkan bisa bertindak sesuai prosedur yang ditetapkan perusahaan.

16. Mampu menghemat pendapatanDalam hal ini, kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan digali oleh pewawacara. Karena, jika karyawan boros, akan mempengaruhi sikap dan perilakunya dalam mengelola keuangan perusahaan.

17. EfisienKaryawan dituntut bekerja secara efisien dan efektif karena dunia kerja juga menganut prinsip ekonomi, yaitu dengan pengeluaran kecil mendapatkan hasil yang banyak.

18. EkonomisSeorang karyawan memang perlu memahami cara untuk memecahkan masalah perusahaan, dengan biaya yang tidak terlalu besar.

19. Menghasilkan KeuntunganCalon karyawan memang harus menghasilkan uang, karena inilah tuntutan perusahaan yang sudah membayar mereka untuk bekerja di perusahaan tersebut. Namun, hal ini juga juga harus diketahui oleh calon karyawan, bahwa mereka bukan hanya mencari pekerjaan karena ingin mendapatkan status pegawai, melainkan juga menghasilkan uang

Nah, dengan mempelajari dan memahami berbagai karakteristik di atas, maka kita akan memiliki kesempatan besar untuk bekerja di perusahaan yang kita lamar.


0 Response to "Karakteristik Khusus yang Dicari Saat Job Interview"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.